Tekno

macOS Sequoia Kini Banjir Fitur Baru, Bisa Mirroring iPhone Sampai Gaming

macOS Sequoia
macOS Sequoia kini dapat banyak fitur baru. (screenshot @apple.com)

PasundanEkspres - Selain iOS 18, Apple mengumumkan macOS Sequoia di WWDC 2024. Raksasa teknologi asal Cupertino ini membanjiri sistem operasi desktop mereka dengan berbagai fitur baru yang dinantikan pengguna.

"Kombinasi kekuatan Apple silicon dan kemudahan penggunaan macOS yang legendaris telah membuat Mac semakin mumpuni dari sebelumnya. Hari ini, kami sangat senang dapat membawa macOS ke level yang lebih tinggi dengan macOS Sequoia, sebuah peluncuran besar yang meningkatkan produktivitas dan kecerdasan," kata Craig Federighi, Senior Vice President of Software Engineering Apple.

"macOS Sequoia mengusung Apple Intelligence, menghadirkan fitur-fitur baru yang luar biasa yang akan membawa perubahan besar ketika bekerja di Mac. Dan dengan lebih banyak cara untuk membantu pengguna menyelesaikan berbagai hal dengan mudah, fitur Kontinuitas baru seperti iPhone Mirroring, pembaruan besar pada Safari, dan sejumlah game baru, kami yakin pengguna Mac akan menyukainya."

macOS Sequoia akan hadir tahun ini, namun jika ingin mencicipi sudah bisa mengunduh versi Developer Beta. Atau bisa menunggu versi Public Beta yang akan dirilis Juli mendatang.

Daftar Perangkat
  • iMac 2019 dan lebih baru
  • iMac Pro 2017
  • MacBook Air 2020 dan lebih baru
  • MacBook Pro 2018 dan lebih baru
  • Mac Pro 2019 dan lebih baru
  • Mac mini 2018 dan lebih baru
  • Mac Studio 2022 dan lebih baru
Fitur Baru macOS Sequoia

macOS Sequoia penuh dengan kemampuan baru yang menarik di antaranya:

iPhone Mirroring

iPhone Mirroring memungkinkan pengguna untuk mengakses dan berinteraksi sepenuhnya dengan iPhone mereka langsung dari Mac. Pengguna dapat menggeser antar halaman di Layar Home, atau meluncurkan dan menjelajahi aplikasi.

Untuk navigasi bisa menggunakan keyboard, trackpad, dan mouse pada Mac. Bahkan audio juga dapat terdengar di speaker perangkat Mac.

Pengguna dapat menyeret dan meletakkan layar antara iPhone dan Mac, dengan iPhone yang tetap terkunci, sehingga tidak ada orang lain yang dapat mengakses atau melihat apa yang dilakukan pengguna. Fitur ini juga bekerja sangat baik dengan Standby, yang tetap terlihat, sehingga pengguna dapat memperoleh informasi dalam sekejap. Selain itu, pengguna dapat meninjau dan merespons pemberitahuan iPhone secara langsung dari Mac mereka.

Gaming

macOS menjanjikan pengalaman gaming semakin menarik dengan pengalaman yang lebih imersif. Kabar baiknya akan hadir judul-judul baru yang patut ditunggu, di antaranya Assassin's Creed Shadows, Frostpunk 2, Prince of Persia: The Lost Crown, dan masih banyak lagi.

Game tersebut menggunakan teknologi seperti MetalFX Upscaling untuk mempercepat performa dan menghadirkan visual berkualitas tinggi di seluruh jajaran produk Mac. Selain itu memanfaatkan jajaran chip M3 terbaru untuk menghadirkan visual yang menakjubkan dengan ray tracing.

Agar makin maksimal diberikan Audio Spasial yang Dipersonalisasi menempatkan pemain di tengah-tengah aksi, sementara latensi audio yang berkurang secara signifikan dengan AirPods Pro (generasi ke-2) memberikan daya respons yang lebih baik. Peningkatan pada Mode Game membuka kecepatan frame yang lebih halus, dan fitur manajemen daya canggih meningkatkan performa di seluruh jajaran Mac.

Apple turut memberikan Game Porting Toolkit 2 untuk pengembang sehingga mempermudah hadirnya game-game canggih ke Mac, serta iPhone dan iPad.

Penataan Jendela

Salah satu yang diminta pengguna sejak lama, macOS Sequoia secara otomatis menyarankan posisi petak di desktop mereka. Pengguna dapat melepaskan jendelanya tepat pada tempatnya, mengatur petak secara berdampingan dengan cepat, atau menempatkannya di sudut-sudut agar lebih banyak aplikasi yang terlihat.

Tak hanya itu, Apple memberikan pintasan keyboard dan menu yang baru membantu pengguna menata petak dengan lebih cepat.

Aplikasi Password

macOS Sequoia menghadirkan Kata Sandi, sebuah aplikasi baru yang semakin memudahkan akses berbagai kata sandi dan kredensial lainnya di satu tempat. Apple menjamin keamanannya karena didukung oleh enkripsi menyeluruh di iCloud.

Aplikasi Password bekerja sangat baik dengan Safari, dan menyinkronkan dengan lancar antara perangkat Apple pengguna dan Windows dengan aplikasi iCloud untuk Windows.

Apple Intelligence

Apple Intelligence menghadirkan cara-cara baru bagi pengguna untuk menyempurnakan tulisan mereka dan berkomunikasi dengan lebih efektif. Dengan Alat Penulisan bawaan baru yang tertanam dalam macOS Sequoia, pengguna dapat menulis ulang, mengoreksi, dan meringkas teks hampir di semua tempat mereka menulis, termasuk Mail, Catatan, Pages, dan aplikasi pihak ketiga.

Safari

Safari kini menawarkan Sorotan, cara yang lebih mudah untuk menemukan informasi di web, seperti petunjuk arah, rangkuman, atau tautan cepat untuk mengetahui informasi selengkapnya tentang orang, musik, film, dan acara TV.

Fitur Pembaca kini didesain ulang untuk menghadirkan lebih banyak cara untuk menikmati artikel tanpa distraksi, menampilkan tampilan ringkas dari artikel yang sedang dibaca pengguna, ringkasan, dan daftar isi untuk artikel yang lebih panjang.

Dan ketika Safari mendeteksi video di halaman, Penampil membantu pengguna menempatkannya di bagian fokus tengah, sambil tetap memberikan akses penuh ke kontrol pemutaran sistem, termasuk Gambar dalam Gambar.

Konferensi Video

Pratinjau presenter yang baru memudahkan presentasi, sehingga pengguna dapat melihat apa yang akan mereka bagikan sebelum membagikannya, dan berfungsi dengan aplikasi seperti FaceTime dan Zoom.

Pengguna juga dapat menerapkan latar belakang bawaan yang indah, termasuk berbagai gradien warna dan wallpaper sistem, atau mengunggah foto milik mereka sendiri. Penggantian latar belakang dapat diterapkan saat melakukan panggilan video di FaceTime atau di aplikasi pihak ketiga seperti Webex, dan dengan segmentasi Apple yang terdepan di industri ini, pengguna akan tampil maksimal saat melakukan panggilan.

Fitur lainnya

Aplikasi Kalkulator yang telah diperbarui memungkinkan pengguna untuk melihat riwayat penghitungan sebelumnya, dan membuat pengguna melihat ekspresi selagi mereka mengetik.

Foto kini menampilkan Koleksi, yang secara otomatis mengatur perpustakaan pengguna berdasarkan tema-tema praktis, dan menghadirkan pembaruan besar pada pencarian yang membuat pengguna dapat memperoleh hasil dengan cepat.

Messages menghadirkan pembaruan besar pada cara pengguna mengekspresikan diri dan tetap terhubung, termasuk efek teks yang sepenuhnya baru, Tapback emoji dan stiker, dan kemampuan untuk menjadwalkan pesan untuk dikirim nanti.

Apple Intelligence akan tersedia dalam versi beta di iPhone 15 Pro, iPhone 15 Pro Max, serta iPad dan Mac dengan M1 dan lebih baru.

Berita Terkait