Tekno

Google Memberikan Peringatan Bahwa Lokasi Anda Dilacak, Waspadai Penipuan!

Google Memberikan Peringatan Bahwa Lokasi Anda Dilacak, Waspadai Penipuan!
Google Memberikan Peringatan Bahwa Lokasi Anda Dilacak, Waspadai Penipuan!/foto via screenshot via Freepik (rafapress)

PASUNDAN EKSPRES - Pengintaian atau pelacakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab masih sering terjadi. 

Untuk mencegah hal ini, Google dan Apple akan memberikan notifikasi kepada pengguna saat lokasinya sedang dilacak oleh orang lain. 

Kedua perusahaan tersebut mengumumkan bahwa fitur peringatan ini akan tersedia dalam pembaruan perangkat lunak pada iPhone dan Android. 

BACA JUGA:Pesaing Google Resmi Dirilis, Ini Kehebatan GPT-4o

Fitur ini akan hadir pada iOS 17.5 dan Android versi 6.0 atau yang lebih baru, seperti yang dikutip dari CNBC Internasional pada Selasa (14/5/2024).

Dalam pembaruan tersebut, perangkat akan menerima notifikasi jika ada perangkat Bluetooth yang terdeteksi "bergerak bersama Anda". 

Selain itu, terdapat fitur lain yang memungkinkan pengguna untuk menemukan perangkat dengan mengeluarkan suara dan mematikan pelacakan.

Fitur peringatan ini merupakan upaya untuk mencegah penggunaan pelacak nirkabel secara tidak semestinya. Contohnya, pelacak ini bisa digunakan oleh penjahat untuk mengawasi pergerakan seseorang.

BACA JUGA:OJK mengungkap modus penipuan baru melalui pinjaman online ilegal, Bikin Rekening Jebol

Dengan adanya fitur ini, diharapkan pengguna dapat lebih waspada dan merasa lebih aman, mengetahui bahwa perangkat mereka akan memberikan peringatan jika ada upaya pelacakan yang tidak diinginkan.

Dengan penerapan fitur-fitur canggih ini, Google dan Apple menunjukkan komitmen mereka dalam melindungi privasi dan keamanan pengguna.

Fitur peringatan ini bukan hanya langkah maju dalam teknologi, tetapi juga bentuk tanggung jawab sosial untuk menjaga keamanan pribadi di dunia yang semakin terhubung.

BACA JUGA:Ini Cara Memeriksa Kelayakan Bus Study Tour Secara Online, Orang Tua Harus Tau

Tetap waspada dan manfaatkan teknologi ini untuk menjaga diri dari potensi ancaman. Ingat, privasi Anda adalah prioritas utama. Mari kita sambut pembaruan ini dengan optimisme dan rasa aman yang lebih baik.

(hil/hil)

Berita Terkait