Tekno

iPhone Mirroring ke macOS Sequoia Kira-kira Bisa Apa Aja?

Fitur Mirroring macOS Sequoia
iPhone Mirroring macOS Sequoia bida apa aja? (screenshot @apple.com)

PsaundanEkspres - Fitur mirroring smartphone sebenarnya bukan hal baru; Android dan Windows telah lebih dulu menghadirkannya. Kini, kemampuan serupa hadir di macOS Sequoia.

Apple memperkenalkan fitur barunya ini dengan nama iPhone Mirroring, yang berbentuk aplikasi di macOS Sequoia. Koneksi antara kedua perangkat ini bisa melalui Bluetooth maupun WiFi.

Kehadiran fitur ini sangat mempermudah pengguna saat bekerja, karena mereka tidak perlu bolak-balik mengecek iPhone, cukup mengaksesnya melalui layar Mac.

Setelah aplikasi dijalankan, ukuran aspect ratio-nya sama seperti layar iPhone. Saat ini, ukuran tersebut belum bisa diperbesar.

Navigasi bisa dilakukan dengan mouse, tetapi jika ingin mendapatkan pengalaman seperti di iPhone, seperti pinch to zoom, harus menggunakan trackpad di MacBook atau magic trackpad untuk desktop.

Semua aplikasi yang terinstal di iPhone bisa dijalankan, termasuk game. Namun, ada beberapa batasan: pengguna tidak bisa mengakses Settings dan Control Center, keduanya harus dilakukan di iPhone.

Selain itu, pengguna tidak dapat membuka aplikasi Kamera. Apple beralasan ini dilakukan demi menjaga privasi penggunanya.

Dari pengalaman kami mencoba, semua aplikasi berjalan mulus seperti saat menggunakan iPhone. Ketika bermain game, jendela aplikasi yang tadinya portrait akan menjadi landscape, dan agar lebih seru bermain bisa menggunakan wireless gaming controller.

Pengguna juga bisa membalas pesan dengan mengetik di keyboard Mac. Suara yang berasal dari aplikasi akan keluar melalui speaker perangkat Mac.

Apple membuat notifikasi iOS muncul di notifikasi macOS. Jika kita klik, secara otomatis akan membukanya di iPhone dan kemudian dapat memilih untuk menonaktifkannya atau mengaktifkannya.

Yang menarik, saat menggunakan fitur baru ini, layar iPhone tidak ikut aktif. Bahkan ketika diletakkan di docking wireless charging, iPhone akan menampilkan mode Standby.

Selama iPhone Mirroring aktif, kita akan melihat notifikasinya di lock screen iPhone, sehingga pengguna selalu tahu jika perangkatnya terhubung.

Tak kalah pentingnya, kita dapat dengan mudah drag and drop file antara kedua perangkat. Jadi, tidak perlu lagi menggunakan AirDrop atau metode lainnya.

iOS 18 dan macOS Sequoia akan tersedia sekitar kuartal September. Namun, jika detikers tidak sabar ingin mencobanya, bisa menginstal Public Beta yang akan dirilis Apple pada Juli 2024 mendatang.

Berita Terkait