Tekno

Samsung Bakal Rilis One UI 7 Tahun Depan, Bakal Punya UI Baru

jadwal rilis One UI 7
One UI 7 dijadwalkan rilis tahun depan dengan tampilan baru. (screenshot @r1.community.samsung.com)

PasundanEkspres - Samsung baru-baru ini membagikan beberapa detail mengenai pembaruan One UI 7 berbasis Android 15 dalam acara Samsung Developer Conference 2024. Pengguna Samsung tampaknya harus menunggu lebih lama untuk menerima pembaruan ini, namun Samsung berjanji akan menghadirkan perubahan desain yang signifikan.

Sally Hyesoon Jeong, Executive Vice President dan Kepala Tim Penelitian dan Pengembangan Framework Samsung Electronics, dalam pidatonya menyatakan bahwa One UI 7 akan datang dengan antarmuka baru yang lebih segar.

"Kami menjajaki desain (antarmuka) baru. One UI 7 akan membawa tampilan baru yang lebih segar untuk seluruh antarmuka," kata Jeong, sebagaimana dikutip dari Cnet, Senin (7/10/2024).

Jeong tidak mengungkap banyak informasi mengenai pembaruan ini atau menampilkan desainnya. Ia hanya menyebutkan bahwa One UI 7 akan dilengkapi dengan sistem blur dan animasi baru yang lebih halus serta lebih mudah digunakan.

Lebih lanjut, Jeong juga mengungkap jadwal rilis untuk versi beta dan versi stabil One UI 7. Versi beta One UI 7 akan tersedia pada akhir tahun ini, sedangkan versi stabilnya akan diluncurkan pada awal tahun 2025 bersamaan dengan peluncuran ponsel flagship terbaru dari Samsung.

Jadwal ini sedikit tertunda dibandingkan dengan peluncuran One UI 6/Android 14 untuk perangkat Samsung sebelumnya. Tahun lalu, Samsung sudah merilis versi stabil One UI 6/Android 14 pada bulan Oktober, sementara One UI 6.1 diluncurkan bersama seri Galaxy S24 pada Januari tahun ini.

Meskipun peluncurannya masih beberapa bulan lagi, pengguna Samsung sudah dapat melihat bocoran tampilan baru One UI 7 yang dioperasikan pada Galaxy S24 Ultra, dengan ikon, animasi, notifikasi, dan panel Quick Settings yang diperbarui.

Perubahan paling signifikan dalam One UI 7 dapat terlihat pada panel Quick Settings dan notifikasi yang kini dipisahkan, mirip dengan Xiaomi MIUI/HyperOS. Pengguna yang ingin membuka Quick Settings harus menggeser dari sisi kanan layar, sementara sisi kiri layar untuk membuka notifikasi. Posisi tombol pada Quick Settings juga diubah menjadi lebih mirip dengan iOS.

Selain itu, layar untuk beralih aplikasi juga diubah dan dilengkapi dengan animasi yang berbeda, meskipun ini masih dalam tahap awal dan kemungkinan akan berubah pada versi akhirnya. Terakhir, tampilan menu di Pengaturan juga mengalami sedikit perubahan.

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua