Tekno

Meta Hapus Fitur Arsip di Instagram, Begini Cara Connect ke Google Drive untuk Simpan Kenanganmu

Meta Hapus Fitur Arsip di Instagram, Begini Cara Connect ke Google Drive untuk Simpan Kenanganmu
Meta Hapus Fitur Arsip di Instagram, Begini Cara Connect ke Google Drive untuk Simpan Kenanganmu (Image From: Pexels/Pixabay)

PASUNDAN EKSPRES - Meta hapus arsip Instagram. Meta Platforms, Inc. baru-baru ini mengumumkan keputusan untuk menghapus fitur arsip di Instagram, sebuah langkah yang mengejutkan banyak pengguna yang telah mengandalkan fitur tersebut untuk menyimpan foto dan video tanpa menghapusnya dari akun mereka.

Akses ke arsip story yang telah dihapus secara otomatis oleh Instagram tidak dapat dikembalikan.

Meta Hapus Fitur Arsip di Instagram 

"This story no longer available," tulis Instagram. Dalam pemberitahuan tersebut, dijelaskan bahwa penghapusan arsip story disebabkan oleh masalah teknis. Meskipun Instagram telah mengatasi masalah ini, story kamu tetap tidak bisa dipulihkan.

Juru bicara Meta mengatakan bahwa mereka telah mengidentifikasi dan memperbaiki bug yang mengakibatkan hilangnya sorotan dan arsip Story bagi sejumlah pengguna.

BACA JUGA: Yuk! Lihat Gimana Cara Belanda Nguras Air Laut dengan Canggih!

BACA JUGA: Chip MediaTek Dimensity 9400 Diklaim Ungguli A18 Pro di iPhone 16 Pro

Sayangnya, mereka tidak dapat mengembalikan cerita-cerita yang hilang tersebut, tetapi akan memberi tahu pengguna di aplikasi jika mereka terkena dampak. Namun, Meta tidak mengungkapkan jumlah pengguna Instagram yang terdampak masalah ini.

Fitur arsip di Instagram diperkenalkan pada tahun 2017. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menyembunyikan pos dari profil mereka tanpa menghapusnya secara permanen.

Fitur ini memberikan fleksibilitas kepada pengguna untuk menjaga kenangan mereka sembari mengatur tampilan profil.

Banyak pengguna yang menyukai fitur ini karena memungkinkan mereka untuk menyimpan momen-momen penting tanpa harus khawatir kehilangan konten yang berharga.

Cara Menghubungkan Instagram ke Google Drive

Buat kamu yang memiliki beberapa kenangan di fitur arsip, kamu bisa menyelamatkannya dengan memindahkan arsip-arsip tersebut ke Google Drive.

Kamu bisa menghubungkan Instagram dengan Google Drive secara mudah. Berikut adalah caranya: 

-Masuk ke akun Instagram dengan memasukkan username dan password.

-Kemudian, buka menu "Profil" dan klik "Edit Profil." Gulir ke bawah dan klik "Pengaturan Informasi Pribadi/Personal Information Settings."

-Pilih "Informasi dan Izin Anda/Your Information and Permissions," lalu klik "Unduh Informasi Anda/Download Your Information." Pilih opsi "Unduh atau Transfer Informasi/Download or Transfer Information."

-Selanjutnya, pilih "Semua informasi yang tersedia/All available information." Masuk ke menu dan pilih "Transfer to Destination." 

-Pilih lokasi penyimpanan di menu "Destination," lalu pilih "Google Drive" dan klik "Selanjutnya."

Halaman akan menampilkan informasi untuk menghubungkan Instagram dengan akun Google Drive. Klik "Connect" untuk menyimpan arsip Instastory ke Google Drive sebelum dihapus. 

Pilih akun Google Drive yang ingin kamu tautkan dengan Instagram. Dengan menghubungkan Instagram ke Google Drive, pengguna memberikan izin kepada Meta untuk mengakses akun Google Drive mereka. 

Halaman tersebut akan menunjukkan opsi "Start transfer to Google Drive."

Cara Mentransfer Konten Arsip ke Google Drive 

Setelah menghubungkan Instagram dengan Google Drive, pengguna dapat mentransfer konten arsip Instastory sebelum terhapus.

Pertama, di halaman "Start transfer to Google Drive," tentukan rentang waktu Instastory yang ingin disimpan dengan mengklik "Date Range." 

Pilih kualitas media sesuai kebutuhan, karena kualitas yang lebih tinggi akan membutuhkan waktu lebih lama untuk mentransfer. Klik "Start Transfer" dan tunggu hingga proses selesai.

Setelah selesai, arsip Instastory kamu akan tersimpan di Google Drive. Penting untuk diingat bahwa Instastory adalah konten yang hilang setelah 24 jam dan tidak otomatis disimpan di perangkat kecuali pengaturan diaktifkan. 

Nah, segera cadangkan story yang berisi kenangan penting ke Google Drive kamu. 

(ipa)

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua