Daerah

SDIT Miftahul Ulum Subang Ciptakan Sekolah Berbasis Pesantren

ZAENAL ABIDIN/PASUNDAN EKSPRES BERBASIS PESANTREN: SDIT Miftahul Ulum menjadi salah satu sekolah unggulan dan favorit berbasis pesantren yang berada di Kabupaten Subang.

SUBANG-SDIT Miftahul Ulum menjadi salah satu sekolah unggulan dan favorit berbasis pesantren yang berada di Kabupaten Subang.  Sekolah SDIT Miftahul Ulum ini memiliki slogan yang berbasis sekolah pesantren, otomatis kurikulum-kurikulum kepesantrennan itu dimasukan ke dalam kurikulum pendidikan formal. 

Kepala Sekolah SDIT Miftahul Ulum Mulyana SPd I mengatakan, visi yang dikeluarkan sekolah ini mewujudkan peserta didik yang berkayunyun dengan artian menyerap kearifan lokal. 

"Dalam visi yang dikeluarkan terbagi menjadi tiga point yang pertama kayunyun ku akhlaknya, kedua ku serbaguna, dan ketiga ku ilmunya," ungkapnya. 

"Sudah dua tahun SDIT Miftahul Ulum mengupayakan program dengan pola pembiasaan sholat duha, doa-doa keseharian, dan hadits yang berkaitan dengan akhlak," ucapnya. 

Ia juga mengungkapkan, dimulai dari kelas 3 dan 4 sekolah memberikan life skill keterampilan kepada siswa-siswinya. Kemudian untuk kelas 5 dan 6 sekolah memprioritaskan ujian belajar untuk siswa-siswi berlanjut ke jenjang sekolah berikutnya. 

"Tidak hanya di situ dari setiap masing-masing kelas sekolah memberikan nama-nama unik yang mengarah ke karakter sifat. Dimulai dari kelas satu yang bernamakan kelas Mandiri, kelas dua bernamakan kelas Simpati, kelas tiga bernamakan kelas Empati, kelas empat kelas Pemberani, kelas lima kelas Tanggungjawab, dan kelas enam bernamakan kelas Mengayomi," pungkasnya. 

Mulyana menambahkan, Sekolah SDIT Miftahul Ulum juga menargetkan siswa-siswinya mampu hafal satu juz Al-Quran dalam dua tahun. 

"Saya berharap sekolah SDIT Miftahul Ulum menjadi sekolah bermanfaat untuk lingkungan, untuk pemerintah,  dan masyarakat," tutupnya.(znl/ysp) 

Berita Terkait