Daerah

KMG Sosialisasi Pilkada Bangun Etika dan Budaya Politik

KPU Kabupaten Karawang
KPU Kabupaten Karawang bersama Karawang Monitoring Group mengadakan sosialisasi Pilkada Karawang 2024 yang dipadukan dengan pertunjukan kesenian tradisional.(Dicky Halim Perdana/Pasundan Ekspres)

KARAWANG-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karawang bersama Karawang Monitoring Group (KMG) mengadakan sosialisasi Pilkada Karawang 2024 yang dipadukan dengan pertunjukan kesenian tradisional. Acara ini digelar di Sanggar Seni Sadewa, Desa Wadas, Kecamatan Teluk Jambe Timur, pada Selasa (16/9) malam.

Kegiatan ini disambut antusias oleh warga Desa Wadas, yang berbondong-bondong hadir untuk menyaksikan pertunjukan kesenian tradisional yang dipimpin oleh H. Yayas, pemimpin Sanggar Sadewa. Acara ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam Pilkada Karawang melalui pendekatan budaya lokal.

Direktur KMG, Imron Rosadi, menjelaskan bahwa sosialisasi ini bertujuan membangun etika dan budaya politik dengan memanfaatkan kesenian tradisional sebagai media untuk menyampaikan pesan penting kepada masyarakat. "Kami berupaya meningkatkan partisipasi masyarakat dalam Pilkada 2024 melalui seni dan kearifan lokal. 

Kesenian tradisional menjadi wadah yang tepat untuk menyampaikan pesan, karena sekarang sangat jarang seniman tradisi tampil di Karawang," ujarnya

Imron menambahkan bahwa kegiatan ini sengaja digelar pada malam hari agar seluruh lapisan masyarakat dapat hadir. "Siang hari banyak warga yang bekerja atau beraktivitas, sehingga malam adalah waktu yang tepat untuk mereka berkumpul dan menikmati seni tradisi," tambahnya.

anggota KPU Karawang, Saepul, sangat mengapresiasi kolaborasi antara KPU dan KMG yang memadukan sosialisasi politik dengan kesenian. Ia menyebut seni tradisi sebagai media efektif untuk menyampaikan informasi sekaligus melestarikan kebudayaan lokal Karawang. 

"Pertunjukan seni tradisional ini sangat positif, selain menyampaikan pesan penting tentang Pilkada, juga sebagai upaya melestarikan budaya Karawang yang kini jarang ditampilkan di masyarakat luas," katanya.

Saepul juga memperkenalkan ayam Ciparage sebagai maskot Pilkada Karawang 2024. Ia mengajak masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya pada Pilkada Karawang dan Pilgub Jawa Barat pada 27 November 2024, serta mengingatkan pentingnya memilih pemimpin sesuai hati nurani dan tidak Golput. "Melalui kegiatan ini, saya harap Pilkada 2024 berjalan dengan aman dan damai, serta masyarakat dapat merasakan suasana pemilu yang menyenangkan," tutupnya.(dik/sep)

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua