Pj Bupati Purwakarta dan Raja Aibon Kompak Sebut TMMD Wujud Nyata Kemanunggalan TNI dengan Masyarakat

Egi - 09 Mei 2024, 18:12WIB
Pj Bupati Purwakarta
ADAM SUMARTO/PASUNDAN EKSPRES TNI MANUNGGAL RAKYAT: Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-120 Kodim 0619/Purwakarta di Desa Gurudug Pondoksalam menjadi wujud nyata TNI Manunggal Rakyat

PURWAKARTA-Penjabat (Pj) Bupati Purwakarta Benni Irwan membuka program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-120 Tahun Anggaran 2024 Kodim 0619/Purwakarta, Rabu (8/5).

Berlokasi di Desa Gurudug, Kecamatan Pondoksalam, Kabupaten Purwakarta, TMMD ke-120 ini memiliki sasaran pembangunan fisik dan nonfisik. Di antaranya pembangunan jalan, perbaikan rumah tidak layak huni, renovasi rumah ibadah, kegiatan keagamaan dan olahraga serta penyuluhan.

Pj Bupati yang juga bertindak sebagai Inspektur Upacara Pembukaan TMMD Ke-120 TA 2024 Kodim 0619/Purwakarta mengatakan, TMMD merupakan program terpadu antara TNI, pemerintah daerah dan masyarakat. "TMMD merupakan bentuk nyata kemanunggulan TNI dengan masyarakat," kata Benni Irwan dalam amanatnya. 

TMMD kali ini, sambungnya, memiliki tema, Darma Bakti TMMD Mewujudkan Percepatan Pembangunan di Wilayah. "Sejalan dengan tema tersebut, maka TMMD ini dapat mengakselerasi pembangunan infrastruktur yang bermuara pada kesejahteraan masyarakat," ujarnya.

Lebih lanjut Benni Irwan menyebutkan, sasaran fisik berupa pengecoran jalan sepanjang 694 meter, lebar 5 lima meter dan tinggi 25 centimeter. Jalan ini membuka akses dari Desa Gurudug Kecamatan Pondoksalam ke Rancadarah Wanayasa. "Sasaran fisik lainnya berupa pembuatan drainase atau gorong-gorong sepanjang 775,93 meter," ucap Benni Irwan.

Sementara untuk sasaran nonfisik, lanjut dia, berupa penyuluhan hukum, kesadaran bela negara, penyuluhan kesehatan dan keluarga berencana , ketahanan pangan hingga penyuluhan bahaya narkoba. "TMMD tak lepas dari sinergitas semua pihak. Diharapkan hasil TMMD ini bisa memberikan manfaat dalam memenuhi kebutuhan masyarakat, khususnya di desa Gurudug," katanya. 

Secara khusus, Benni Irwan juga mengucapkan selamat bertugas kepada Dandim 0619/Purwakarta Letkol Inf Ardiansyah yang baru saja melaksanakan serah terima jabatan. "Baru semalam sertijab langsung mengemban tanggung jawab melaksanakan TMMD ke-120 ini. Karenanya harus didukung penuh," ujarnya.

Sementara itu, Dandim 0619/Purwakarta Letkol Inf Ardiansyah mengingatkan kepada seluruh masyarakat untuk memelihara dan menjaga infrastruktur jalan hasil dari TMMD ini. "Ketika rampung nanti, maka, jalan, drainase dan seluruh sasaran TMMD ini menjadi tanggung jawab seluruh elemen masyarakat. Tidak hanya menjaga tapi juga menambah daya guna sehingga bisa menyejahterakan masyarakat," ucapnya.

Dandim yang akrab disapa Raja Aibon ini menegaskan, selama pelaksanaan TMMD para prajurit akan terus bersama-sama masyarakat mewujudkan kemanunggalan TNI dan rakyat. "Semboyan TNI Manunggal Bersama Masyarakat mengandung makna yang begitu mendalam. Hal ini bukan tanpa alasan, TNI yang sejatinya lahir dari rakyat akan selalu hadir dan mengabdi di tengah-tengah masyarakat," kata Raja Aibon.

Selaku Komandan Satgas TMMD Ke-120, Raja Aibon mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang hadir dan membantu suksesnya pembukaan acara tersebut. "Saya sampaikan terima kasih juga kepada rekan-rekan media. Apa yang sudah kita saksikan hari ini, sudah disampaikan panjang lebar oleh Pak Pj. Bupati. Semuanya tidak akan bisa terlaksana tanpa dukungan dari beliau, jajaran Forkompinda dan seluruh rekan-rekan," ujarnya.

Terpisah, Kepala Desa Gurudug Asep Irpan menegaskan komitmennya dan seluruh warga desa untuk mendukung penuh program TMMD ke-120 ini. "Warga antusias menyambut TMMD. Warga juga semakin menyadari besarnya manfaat TMMD sehingga dengan sukarela siap membantu seluruh proses TMMD," ucap Asep Irpan.

Tak hanya itu, lanjut dia, warga juga menyambut baik kehadiran personel TNI yang sangat mudah berbaur, bahkan warga juga senang rumahnya ditempati pasukan Satgas TMMD. "Warga pun tak segan untuk berbagai pengalaman dan harapan kepada para personel," kata dia.(adv/add)

Berita Terkait

Pasundan Ekspres