Daerah

Sosok Ivan Kuntara Yang Siap Maju Pilkada, Ada Garis Keturunan Bupati Terdahulu

Ivan Kuntara
Ivan Kuntara

PURWAKARTA-Ivan Kuntara, satu dari sekian nama yang santer digadang-gadang bakal maju pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kabupaten Purwakarta Periode 2024-2029. Melihat sepak terjangnya saat ini, Ivan Kuntara patut diperhitungkan. Terlebih dirinya cukup getol menjalin komunikasi politik dengan berbagai partai politik (parpol) di Kabupaten Purwakarta. "Saya terus menjalin silaturahmi dengan semua parpol, terlebih setelah pileg. Alhamdulillah, saya mendapat sambutan yang baik," kata Ivan Kuntara kepada wartawan, belum lama ini.

Lalu siapa sebenarnya sosok Ivan Kuntara yang kerap disapa Kang Haji ini? Untuk diketahui, Ivan Kuntara tak hanya memiliki latar belakang pendidikan dan karir yang cemerlang, melainkan juga aktif di banyak kegiatan sosial. Yang istimewa, dirinya termasuk membawa tradisi kepemimpinan keluarganya yang sudah melekat dalam sejarah Purwakarta.

Lahir pada 1970 di perbatasan Subang dan Purwakarta, siapa sangka Ivan Kuntara memiliki garis keturunan yang erat dengan sejarah politik daerahnya. 

Cucu dari keluarga Sukramanggala dari Wanayasa, Ivan Kuntara memiliki keterkaitan dengan Soedarna Tisna Manggala, Bupati Purwakarta dua periode (1983-1993) dan Wakil Gubernur Jawa Barat (1998-2003). 

Tradisi kepemimpinan keluarganya itu boleh jadi menjadi modal kuat yang turut memberikan warna pada perhelatan pemilihan kepala daerah kali ini.

Sejak kecil, Ivan Kuntara dikenal sebagai anak yang cerdas dan pekerja keras. Menempuh pendidikan dari Sekolah Dasar hingga Fakultas Perternakan Institut Pertanian Bogor (IPB). van Kuntara juga telah membuktikan dirinya sebagai sosok yang berkomitmen terhadap pengembangan diri dan peningkatan kualitas sumber daya manusia.

Saat menempuh pendidikan strata satunya, Ivan Kuntara merintis karier sebagai asisten dosen di Fakultas Peternakan dan Sekolah Vokasi IPB. Setelah lulus, ia bergabung dengan PT. Kalbe Farma sebagai Veterinary Technical Services.

Kemudian, pada 1995 sukses sebagai seorang profesional di perusahaan Jepang yang bertanggung jawab dan sukses untuk pengembangan usaha di Asia dan Australia serta sebagai pengusaha di bidang agrobisnis yang sukses hingga saat ini.

Tak hanya bergerak di dunia profesional dan bisnis, Ivan Kuntara juga dikenal sebagai sosok yang aktif dalam kegiatan sosial dan berorganisasi. Sejak masa sekolah sampai sekarang, Ia telah memainkan peran penting dalam berbagai organisasi, termasuk menjadi Ketua OSIS SMP, Ketua PMR Kabupaten Purwakarta, hingga Pengurus HMI Komisariat dan HMI Cabang Bogor.

Tak sampai di situ, Ivan Kuntara juga pernah menjabat sebagai Ketua Himpunan Alumni IPB DPC Karawang, Ketua Dewan Pengawas HA IPB Jawa Barat, Wakil Ketua Umum DPP HA IPB, serta Ketua Umum Perkumpulan Petani Rempah Indonesia (PPRI).

Keberhasilannya dalam memimpin berbagai organisasi, seperti Direktur Wiratani Bangun Desa (Wibasa) HA IPB, Dewan Pengawas ARM (Aksi Relawan Mandir, Badan Kebencanaan HA IPB).

Kemudian, Ketua DKM Masjid Baitul Falihin dan Pembina Yayasan Ponpes Dhuafa dan Yatim Al Juwanah serta pemilik Program Full Beasiswa Tahfidz Leadership di Purwakarta, menunjukkan kapasitas kepemimpinan Ivan Kuntara yang kompeten. 

Dengan sederet pengalamannya ini, Ivan Kuntara menyatakan siap jika dirinya dipercaya oleh masyarakat Purwakarta menjadi bupati dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Purwakarta 2024. "Kabupaten Purwakarta itu identik dengan Wibawa Karta Raharja, dalam artian bahwa Purwakarta kental dengan keagamaan dan kemakmuran. Saya pun akan mengusung perubahan untuk Kota Santri yang lebih sejahtera dan makmur," ujarnya.(add/sep)

Berita Terkait