Gadget

Lenovo Perkenalkan ThinkStation P2 Tower, Workstation untuk Kreator

Thinkstation P2 Tower
Lenovo mengenalkan Thinkstation P2 Tower yang cocok untuk konten kreator. (screenshot @lenovo.com)

PasundanEkspres - Lenovo memperkenalkan workstation baru di Indonesia yang bernama ThinkStation P2 Tower. Workstation ini ditujukan bagi kreator, desainer, analis data, hingga pelajar.

Solution Consultant Lenovo Indonesia Aziz Wonosari menyatakan bahwa ThinkStation P2 Tower adalah workstation entry-level yang ditawarkan oleh Lenovo. Workstation ini hanya hadir dalam satu form factor yaitu tower berkapasitas 17 liter.

"Kami posisikan produk ini untuk segmen pendidikan, untuk desainer atau kreator konten yang tidak memerlukan rendering yang terlalu rumit, untuk arsitektur, teknik, kemudian untuk pelanggan SMB kita," kata Aziz dalam acara Media Session with Lenovo Workstation di Jakarta, Selasa (4/6/2024).

Lenovo ThinkStation P2 Tower menggunakan platform Intel vPro dengan prosesor hingga Intel Core i9 generasi ke-14. Lenovo menawarkan pilihan kartu grafis terintegrasi dengan Intel UHD Graphics 730 dan 770, atau pilihan kartu grafis diskret yang mendukung hingga Nvidia RTX A2000 12GB.

Workstation ini dilengkapi dengan memori DDR5 dengan kapasitas hingga 128GB. Penyimpanannya mampu menampung data hingga 24TB menggunakan format SSD M.2 atau hingga 16TB dengan HDD SATA 3,5".

"Kemudian mendukung memori ECC dan Non-ECC. Ini salah satu yang membedakan PC biasa dengan workstation," jelas Aziz.

"Kami juga menyediakan slot Gen4 PCIe Express jadi kita bisa memasang perangkat yang mendukung PCIe Express Gen4. Selain itu, power supply hingga 750W," tambahnya.

Dengan spesifikasi ini, Lenovo mengklaim bahwa ThinkStation P2 Tower mampu mengeksekusi kumpulan data yang kompleks dan dalam jumlah besar dengan sangat cepat. Perangkat ini juga memiliki sertifikat ISV yang menjamin keandalan dalam menjalankan aplikasi-aplikasi utama.

Lenovo ThinkStation P2 Tower dilengkapi beragam port di bagian depan dan belakangnya, mulai dari jack headphone 3,5 mm, mikrofon 3,5 mm, pembaca kartu SD, USB-C hingga 10Gbps, HDMI, Display port, Ethernet, dan masih banyak lagi.

Perangkat ini melengkapi lini workstation Lenovo lainnya yang telah tersedia di Indonesia sejak tahun lalu yaitu ThinkStation P5, ThinkStation P7, dan ThinkStation PX. Di Indonesia, Lenovo ThinkStation P2 Tower dijual dengan harga mulai dari Rp 32.930.000.

Berita Terkait