Kesehatan

Apa Itu Kesehatan Mental? Ini Penjelasannya

Kesehatan Mental
Kesehatan mental adalah hal paling penting dalam kehidupan. (ilustrasi Freepik @user15145147)

PASUNDAN EKSPRES - Kesehatan mental adalah bagian yang sangat penting bagi kesehatan dan kesejahteraan seseorang secara menyeluruh. Orang tua punya peran penting dalam mendukung kesehatan mental buah hatinya.

Mengasuh dan merawat anak dengan penuh kasih sayang sama dengan membangun fondasi yang kuat bagi anak agar ia dapat mengembangkan keterampilan sosial dan emosional yang dibutuhkannya untuk hidup bahagia, sehat, dan sejahtera.

Apa Itu Kesehatan Mental?

Kesehatan mental melibatkan aspek emosional, psikologi, serta hubungan sosial. Ketiga aspek ini mempengaruhi bagaimana kita berpikir, merasakan, bertindak, membuat keputusan, dan hal-hal lain yang berkaitan dengan mental kita.

Kesehatan mental lebih dari sekadar mengobati penyakit jiwa; ciri mental yang sehat adalah merasa nyaman dengan pikiran kita. Beberapa orang menyebutnya sebagai "kesehatan emosional" atau "kesejahteraan emosional".

Mengapa Kesehatan Mental Penting?

Jaga kesehatan mental secara menyeluruh baik secara psikis maupun fisik. Ini akan berpengaruh pada kualitas hidup kita. Jika kondisi mental kita baik, kita dapat memaksimalkan potensi diri, mengatasi permasalahan hidup dengan baik, serta berperan secara penuh dalam hubungan dengan keluarga, rekan kerja, komunitas, dan teman-teman.

Perubahan dan Tantangan

Kesehatan mental dapat berubah seiring waktu. Peristiwa dalam perjalanan hidup kita dapat menyebabkan tekanan jiwa (stres) atau ketidakbahagiaan. Meskipun demikian, tidak jarang permasalahan mental hadir tanpa sebab yang jelas. Permasalahan mental adalah hal umum dan memengaruhi satu dari empat manusia dalam beberapa hal dalam kehidupan.

Orang yang mengalami masalah kesehatan mental mungkin merasa bahwa tidak ada orang yang akan memahaminya. Namun, permasalahan ini bukan sesuatu yang membuat kita malu. Perasaan salah, sedih, atau marah yang berlangsung lama dapat mempengaruhi kehidupan dan memunculkan masalah mental lainnya.

Diagnosis kesehatan mental biasanya dikeluarkan oleh dokter yang menyarankan perawatan seperti meditasi, konseling, atau terapi. Self-care juga penting dalam menjaga kesehatan mental dan membantu perawatan serta penyembuhan apabila kita memiliki masalah dengan penyakit mental.

Jaga kesehatan mental dengan baik, dan ingat bahwa perawatan dan dukungan tersedia untuk membantu kita menghadapi tantangan mental. Kesehatan mental adalah investasi dalam kualitas hidup kita, dan kita tidak perlu merasa malu untuk mencari bantuan ketika diperlukan.

Semoga artikel ini membantu meningkatkan pemahaman tentang pentingnya kesehatan mental dan bagaimana kita dapat menjaganya dengan baik.

Berita Terkait