Lifestyle

5 Amalan Terbaik di Bulan Ramadhan, Yuk Praktikan

5 Amalan Terbaik di Bulan Ramadhan, Yuk Praktikan
Ilustrasi muslimah (dok.pexels.com/Thirdman)

PASUNDAN EKSPRES -  Sebagai umat muslim, kita wajib melakukan amalan terbaik di bulan ramadhan. Bukan hanya di bulan penuh ampunan ini saja, namun di hari-hari biasa pun kita wajib mengamalka ibadah terbaik.

Namun, karena bulan ramadhan memiliki banyak keistimewaan jadi di bulan ini terdapat pahala yang tidak bisa ditemukan di waktu-waktu lainnya. Selama menjalankan ibadah puasa, tidak ada salahnya kita lebih memperhatikan amalan-amalan lainnya.

Agar mendapatkan kebaikan di bulan puasa dan senantiasa menjadi umag muslim yang taat kepada Allah. Lantas, amalan terbaik apa saja sih yang penting kita lakukan selama berpuasa? Yuk, kita simak bersama penjelasannya berikut ini.

1. Memperbanyak ibadah

Memperbanyak ibadah di bulan puasa tentu saja sangat dianjurkan. Mengingkan di bulan ramadhan ini, ada sejumlah amalan yang bisa kita kerjakan. Seperti memperbanyak membaca Al-Qur’an dengan memahami maknanya.

Rasulullah SAW bersabda yang artinya, bacalah Al-Qur’an sebab ia akan datang pada hari kiamat nanti sebagai pemberi syafaat atas pembacanya. Selain membaca dan memahami makna Al-Qur’an, ada juga ibadah lainnya yang sangat dianjurkan selama bylan puasa yakni bersedekah, salat  Tarawih, salat Tahajud,  dan i’tikaf.

BACA JUGA:Tata Cara dan Niat Mandi Wajib Sebelum Puasa, Yuk Terapkan Mulai Sekarang

2.  Tetap beraktivitas produktif

Sebenarnya, selama menjalankan ibadah puasa, seharusnya tidak membatasi kita untuk melakukan aktivitas  sehari-hari. Meski kamu sedang menahan lapar dan haus, bukan berarti kamu harus mengurangi kegiatan yang bisa menghambat  produktivitas.

Karena sejatinya, tidak akan membuat tubuh kita menjadi lemas justru sengan puasalah dapat menjadi usaha dalammeningkatkan kesehatan baik jasmanai dan rohani.

BACA JUGA:Arti Ramadhan Kareem dan Ramadhan Mubarak, Ucapan Menyambut Bulan Suci Ramadhan

3. Menyegerakan berbuka puasa

Menyegerakan berbuka puasa adalan salah satu amalan sunnah berdasarkan hadist Rasulullah SAW. Saat adzan maghrib berkumandang, ada baiknya kita segera berbuka puasa tanpa harus menunggu sampai adzan selesai.

Selain menyegerakan berbuka puasa, ternyata ada amalan lain lho yang bisa kita lakukan. Melansir dai laman Kemenag, sejumlab amalan sunnah saat berbuka puasa yang Rasulullah SAW ajarkan yaknj berbuka dengan kurma, berdoa sebelum berbuka, serta berdoa umum ketika tiba waktu berbuka.

BACA JUGA:Menurut Hadist, ini 5 Keutamaan Sedekah di Bulan Ramadhan yang Dapat Menghapus Dosa

4. Meniatkan puasa dengan iklhlas kepada Allah

Ikhlas merupaka salah satu kunci keberhasilam dalam melakukan ibadah semata-mata hanya kepada Allah. Jika melaksanakan ibadah hanya untuk mendapat pujian dari manusia atau keuntungan materi semata, mama bukan termausuk ibadah yang ikhla karena Allah.

Tanamkan dalam hati, bahwa niat beribadah puasa bertujuan unthm meningkatkan ketaqwaan kepada Allah azza wa jalla. Ikhlaskan niat beribadah ben berpuasa hanha karena Allah.

5. Mengutamakan sahur di akhir waktu

Melansir dari IDN TIMES, Rasulullah SAW pernah bersabda tentang sahur yang paling utama ialah sahur di penghujung waktu. Sahur memilii banyak keberkahan. Sehingga, ada baiknya kita jangan pernah melewatkan waktu sahur melama berpuasa.

Manfaat sahur di akhir waktu adalah dapat mempersingkat jangka menahan lapar, dan lebih baik dari segi kesehatan. Dengan mengakhirkan sahur maka kita akan terjaga sampai adzan subuh tiba.  Sehingga bisa mendirikan shalat subuh di awal waktu.

Tetap semangat dalam menjalankan ibadah puasa, untuk terus meningkatkan kualitas diri dan memperbaiki diri ya. Semoga bermanfaat.

(nym) 

 

Berita Terkait