Nasional

Daftar Parpol yang Lolos ke Senayan di Pilpres 2024 Versi Quick Count

Daftar Parpol yang Lolos ke Senayan dari hasil hitung cepat atau Quick Count Pilpres 2024. (Dok Sindo)

PASUNDAN EKSPRES - Daftar Parpol yang Lolos ke Senayan dari hasil hitung cepat atau Quick Count Pilpres 2024. 

Saat ini prolehan suara sementara berada di atas 70 persen, dari hasil tersebut terdapat delapan hingga sembilan parpol yang berhasil lolos ke senayang versi hitung cepat. 

Memang syarat parpol lolos ke senayan itu seperti apa? 

Setiap Partai Politik yang ingin lolos ke Senayan harus berhasil melampaui batas parlemen alias parliamentary threshold sebesar 4 persen. 

Pertama, Daftar Parpol yang Lolos ke Senayan Lembaga Survei Indonesia (LSI) yang telah mengumpulkan suara masuk sebesar 79,10 persen dan hanya 8 parpol saja yang dapat lolos ke Kesenayan. 

BACA JUGA:Anies-Muhaimin Unggul Suara di TPS Tempat Megawati Nyoblos

BACA JUGA:Inilah Jumlah Suara Capres dan Cawapres di TPS Tempatnya Nyoblos

Dalam hitung cepat LSI mencatat bahwa PDI-Perjuangan, Golkar, Gerindra, PKB, NasDem, PKS, Demokrat dan PAN  yang telah berhasil lolos ke Senayan. 

Kedua, untuk Daftar Parpol yang Lolos ke Senayan versi Chart Politika yang telah mengumpulakn 91,40 persen suara masuk. 

Terdapat 9 parpol yang lolos ke Senayan diantaranya. PDI-Perjuangan, Golkar, Gerindra, PKB, PKS, NasDem, Demokrat, PAN dan PPP. Rupanya kesembilan parpol tersebut sama dengan hasil pileg 2019 lalu. 

Ketiga, Daftar Parpol yang Lolos ke Senayan versi Litbang Kompas yang sudah mengumpulkan 88.45 persen suara. Terdapat 8 parpol yang lolos. 

Diantaranya PDI-Perjuangan, Golkar, Gerindra, PKB, NasDem, PKS. Yang dilanjut dengan PAN dan Demokrat. 

Keempat, Daftar Parpol yang Lolos ke Senayan versi Poltracking Indonesia yang telah memperoleh 70,77 suara. Namun versi Poltracking Indonesia tidak terdaptar PPP karna masih berada di 3,59 persen. 

BACA JUGA:Ini Pesan Presiden Jokowi Terkait Pemilu 2024 Usai Nyoblos

BACA JUGA:Jusuf Kalla dan Maruf Amin Buka Suara Soal Film Dirty Vote

Berikut , Daftar Parpol yang Lolos ke Senayan versi Poltracking Indonesia yaitu PDI-Perjuangan, Golkar, Gerindra, PKB, NasDem, PKS, Demokrat dan PAN. 

Setelah berita ini diterbitkan, penhitungan cepat atau Quick Count Pilpres 2024 dan Daftar Parpol yang Lolos ke Senayan Masih berlangsung. 

Perlu kamu ketahui bahwa Daftar Parpol yang Lolos ke Senayan ini hanyalah versi dari hitung cepat atau Quick Count Pilpres 2024. 

Untuk Daftar Parpol yang Lolos ke Senayan sebenenarnya akan diumukan nanti oleh KPU yang akan menghitung secara resmi dengan manual. 

Berita Terkait