News

Calon Jemaah Haji Asal Kabupaten Subang Didomonasi Lansia

Haji
DIBERANGKATKAN: Ratusan calon jemaah haji asal Subang gelombang kedua kloter 24 embarkasi Kertajati, Majalengka, telah diberangkatkan. CINDY DESITA PUTRI/PASUNDAN EKSPRES

SUBANG-Sebanyak 295 jemaah calon haji asal Kabupaten Subang, gelombang kedua kloter 24 embarkasi Kertajati, Majalengka, telah diberangkatkan, Senin (3/6). Dari jumlah tersebut, mayoritas jemaah merupakan lansia.

Sebelum diberangkatkan ke Tanah Suci, 295 jemaah calon haji asal Kabupaten Subang ini terlebih dahulu dikumpulkan di Gedung Islamic Center Subang. 

Setelah mendapatkan pengarahan dari panitia, ratusan jemaah calon haji ini masuk ke bus untuk berangkat menuju embarkasi Kertajati.

Momen haru terjadi ketika para jemaah calon haji hendak naik ke bus. Isak tangis keluarga pecah, sebagian jemaah berpelukan dengan keluarga, sementara yang lain hanya bisa melepas dengan air mata.

Sekretaris Daerah Kabupaten Subang, Asep Nuroni mengatakan, dari 295 jemaah calon haji asal Kabupaten Subang ini, 109 di antaranya adalah lansia. 

“Untuk mendampingi mereka selama proses ibadah haji, disiapkan lima orang petugas. Pada pemberangkatan terakhir ini, jemaah calon haji Kabupaten Subang akan langsung menuju Mekkah,” kata Asep Nuroni.

Dia menjelaskan, dalam pelaksanaan ibadah haji tahun ini, jemaah diminta untuk membawa alat pelindung diri (APD) seperti masker, semprotan wajah, dan alas kaki. 

“Calon jemaah haji juga diharuskan mengonsumsi banyak air minum karena suhu di Tanah Suci diperkirakan mencapai 40 hingga 50 derajat Celsius di siang hari,” ujarnya.

Asep menyampaikan, jumlah jemaah calon haji asal Kabupaten Subang tahun 2024 mencapai 1.180 orang yang terbagi dalam tiga kloter, yakni kloter 1, kloter 10, dan kloter 24. 

Dia menyebut, para jemaah calon haji ini rata-rata harus antre selama 12 hingga 20 tahun untuk dapat menunaikan ibadah ke tanah suci.(cdp/ysp)

 

Berita Terkait