News

4 Fakta Eks Hotel Plaza Subang, Akan Dibangun Rumah Sakit?

4 Fakta Eks Hotel Plaza Subang, Akan Dibangun Rumah Sakit?
Sumber Foto (dok.PASUNDAN EKSPRES/nsa)

PASUNDAN EKSPRES - Eks Hotel Plaza Subang yang dibangun pada masa kolonial, kini kondisinya begitu memprihatinkan. Bangunan yang sebelumnya terlihat megah dan kokoh ini sebelumnya merupakan sebuah kantor swasta asing. 

Setelah berhenti beroperasi dan ditinggalkan oleh kolonial, barulah bangunan di pusat kota Subang dijadikan hotel dengan nama Hotel Plaza Subang. Rencananya akan dibangun menjadi Rumah Sakit, berikut fakta menarik eks Hotel Plaza Subang. 

BACA JUGA:Belanja Daerah Kabupaten Subang Lebih Besar dari Pendapatan

1. Dulunya adalah kantor swasta milik Inggris

Menurut informasi yang beredar di media sosial, sebelum jadi hotel bangunan ini diketahui merupakan lahan kantor perkebunan milik Inggris yaitu Pamanoekan en Tjiasemlenders in Soebang atau P&T Lands. 

Fyi, Pamanoekan en Tjiasemlenders in Soebang atau P&T Lands adalah perusahaan perkebunan yang dimiliki oleh Hoffland bersaudara. Hoffland sendiri merupakan seorang tokoh sentral usaha komoditas perkebunan di kawasan ini. 

Oleh sebeb itum tak mengherankan jika dulu Subang dikenal sebagai pusat perkebunan dengan komoditas seperti teh, coklat, tebu dan karet yang dieksploitasi pengusaha swasta asing.

BACA JUGA:Pemkab Subang Konsisten Kucurkan BKUD, Tahun ini Rp57 Miliar

2. Sempat beroperasi menjadi hotel selama 5 tahun 

Setelah dijadikan kantor lalu ditinggalkan oleh kolonial, barulah bangunan ini beroperasi menjadi sebuah hotel yang diberi nama Hotel Plaza Subang. 

Hotel Plaza Subang mulai aktif beroprasi kurang lebih lima tahun dari mulai tahun 2000 sampai dengan tahun 2005. Selain megah, bangunan ini juga menyediakan fasilitas seperti kolam untuk berenang dan tempat bermain bagi anak-anak. 
 BACA JUGA:Jelang Hari Santri Nasional, H Ruhimat Ziarah ke Makam Muassis Nahdatul Ulama Subang

3. Kini dimiliki oleh PT Agro Medikal Nusantara (AMN)

Hotel Plaza Subang  akhirnya dijual dan berganti kepemilihan oleh PT Agro Medikal Nusantara (AMN).  Sekretaris Perusahaan PT AMN Taukhid mengatakan, bahwa saat ini ex Hotel Plaza memang dimiliki oleh PT AMN. 

"Eks Hotel Plaza Subang, saat ini memang dimiliki oleh PT AMN. Hotel tersebut dibeli oleh kami pada tahun 2012 dengan kondisi yang sudah terbengkalai," katanya kepada Pasundan Ekspres, pada Senin (21/10).

BACA JUGA:Eks Hotel Plaza yang Belum Kunjung Dibangun Rumah Sakit Minta Dibangun Lagi oleh Investor

4. Rencananya akan dibangun Rumah Sakit 

Taukhid menjelaskan, pembelian eks Hotel Plaza Subang direncanakan akan dibuatkan pengembangan rumah sakit.  

"Eks Hotel Plaza Subang ini sengaja dibeli untuk pengembangan rumah sakit. Namun seiring berjalannya waktu rumah sakit ini terkendala akan biaya dalam melakukan pembangunannya," jelasnya. 

Fakta lainnya terungkap, bahwa PT. Agro Medikal Nusantara telah membuat desain untuk rumah sakit yang akan dibangun olehnya, namun hingga kini belum ada investor yang tertarik dengan rencana pembangunan tersebut.

Taukhid juga menambahkan, sebenarnya sampai saat ini ada beberapa investor yang sudah tertarik namun mereka menginginkan pembangunan hotel kembali bukan rumah sakit. (nym) 

Materi artikel ini ditulis berdasarkan informasi dari PASUNDAN EKSPRES yang berjudul "Eks Hotel Plaza yang Belum Kunjung Dibangun Rumah Sakit Minta Dibangun Lagi oleh Investor"

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua