News

Disparbud Karawang Jelaskan Tidak Ada Penundaan Dana Penghargaan Seniman dan Budayawan

Dispaarbud Karawang
Waya Karmila  Kadisparbud Kabupaten Karawang

KARAWANG-Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Karawang, Waya Karmila meluruskan kabar yang beredar mengenai penundaan pemberian dana bagi seniman penerima penghargaan.

Waya menegaskan, pihaknya belum menetapkan penerima penghargaan tersebut dan proses masih dalam tahap seleksi. "Kegiatan yang kami laksanakan beberapa waktu lalu baru sebatas pemberian penghargaan kepada calon penerima. Kami belum menetapkan siapa yang akan menerima penghargaan tersebut," jelas waya, Kamis (19/9).

Menurut Waya, pengumuman penerima penghargaan seniman dan kebudayaan Kabupaten Karawang tahun 2024 dijadwalkan akan diumumkan pada akhir November. "Proses seleksi dan penilaian masih berlangsung, dan tim verifikasi yang terdiri dari 10 orang akan menentukan penerima penghargaan," tambahnya.
Waya mengatakan, tim verifikasi ini terdiri dari akademisi, seniman, budayawan, serta ahli cagar budaya, dan diangkat melalui SK Bupati Karawang. "Mereka bertugas untuk menilai siapa saja yang layak menerima penghargaan tersebut," katanya.

Ia menjelaskan, penghargaan ini sendiri merupakan apresiasi dari Pemerintah Kabupaten Karawang bagi para seniman dan budayawan yang telah berkontribusi dalam empat kategori. Antara lain pencipta, pelopor, pembaharu, dan pelestarian budaya. "Ini adalah bentuk dukungan nyata Pemkab Karawang terhadap perkembangan seni dan budaya di daerah," ujarnya.

Kabar sebelumnya menyebutkan, seniman yang telah menerima penghargaan dan uang tunai dari pemerintah daerah belum mendapatkan dana tersebut. Waya memastikan bahwa pengumuman resmi penerima penghargaan baru akan dilakukan setelah proses seleksi selesai pada akhir November.(dik/ery) 

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua