News

Ustaz Felix Siauw Soal Sertifikasi Ustaz: Aku jelas menolak, lah!

Ustaz Felix Siauw Soal Sertifikasi Ustaz: Aku jelas menolak, lah!
Ustaz Felix Siauw di Podcast dr. Richard Lee (dok.YouTube)

PASUNDAN EKSPRES - Ustaz Felix Siauw baru-baru ini kembali menjadi bintang tamu dalam podcast di channel YouTube dr. Richard Lee pada (28/3/24). 

Dalam podcast yang berjudul “DOWNLOAD 18 : BANYAK USTAD SESAT?! CARA MEMILIH USTAD!” tersebut, Ustaz Felix Siauw hadir bersama Ustaz Koh Dennis Lim sebagai narasumber.

Saat ditanya soal sertifikasi ustaz oleh dr. Richard Lee dan Young Lex yang akhir-akhir ini jadi sorotan warganet, ternyata ustaz Felix Siauw mengaku keberatan. 

BACA JUGA:Ustadz Felix Ungkap Bermewah-Mewahnya Ulama dan Penguasa itu Menyakiti, Apa Maksudnya?

“Aku jelas menolak, lah (sertifikasi ustaz)” kata ustaz Felix Siauw.

Namun, ustaz Felix Siauw menjelaskan alasan di balik penolakannya terhadap sertifikasi ustaz yang masih menjadi perdebatan di kalangan publik. 

“Itu ketika sertifikasi ulama itu aku termasuk yang protes. Kenapa aku protes? Aku cerita dulu, pertama aku mempertanyakan lembaga sertifikatornya.” lanjut ustaz Felix Siauw.

Dalam pernyataannya, ustaz Felix Siauw juga menyinggung soal narasi yang dianggap menyudutkan ustaz dan ulama di Indonesia. 

BACA JUGA:Ustadz Felix Soal Etika Menjadi Ulama:"Ya, Harus Tampil Sederhana"

“Nah, kemarin itu aku melihat ada narasi yanga agak gak enak, nih. Narasinya apa? Narasinya adalah ulama-ulama atau ustaz-ustaz yang dianggap bersebrangan dengan yang meng-sertifikasi itu kemudian seolah-olah dipermasalahkan.”

Ustaz Felix Siau menegasakan bahwa pihak atau lembaga yang memberikan sertifikasi kepada pemuka agama, yang dalam hal ini adalah ustaz maupun ulama akan menjadi penentu ke depannya sertifikasi tersebut seperti apa.  

“Karena siapa yang meng-sertifikasi ini menentukan akhirnya sertifikasi jadi seperti apa.” jelas Ustaz Felix Siau.

BACA JUGA:Ustadz Felix Blak-Blakan Soal Tarif Ceramah, Bilang Gini ke dr.Richard Lee

Dalam konteks yang sama, ustaz Felix Siauw juga memberikan contoh kasus sertifikasi ustaz yang dialami oleh ustaz Syafiq Basalamah yang ditolak di Surabaya beberapa waktu lalu. 

“Ustaz Syafiq Basalamah itu ditolak di Surabaya,ya. Ketika ditolak di Surabaya yang saya sangat sayangakan adalah ada satu orang yang dari lembaga tertentu (MUI) itu mangatakan begini bahwasannya Ustaz Syafiq Basalamah itu tidak tersertifikasi atau tidak masuk ke dalam standar yang harusnya boleh untuk berceramah.” pungkas ustaz Felix Siau. 

BACA JUGA:Ini Kata Ustadz Felix Siauw Soal Pernikahan dalam Agama Islam: Ibadah Paling Lama

Menutup penjelasan tentang permasalahan sertifikasi ustasz, ustaz Felix Siauw menegaskan penolakannya tersebut karena mempertanyakan siapa lembaga yang berwenang mengeluarkan sertifikasi ustaz tersebut.  

“Karena yang mengeluarkan adalah lembaga tertentu yang akhirnya memudahkan bagi yang lain. Gak setujunya, pertama siapa meng-sertifikanya gitu, kan ya”

(nym)

Berita Terkait