News

Universitas Subang Laksanakan Program Gemar Berliterasi

Universitas Subang
PROGRAM: Universitas Subang melalui pendanaan hibah pengabdian kepada Masyarakat (PKM) 2024 dari Direktorat Riset, Teknologi, dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRTPM) Dirjen Diktiristek Kemdikbudristek melaksanakan program Gemar Berliterasi.

SUBANG-Universitas Subang melalui pendanaan hibah pengabdian kepada Masyarakat (PKM) 2024 dari Direktorat Riset, Teknologi, dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRTPM) Dirjen Diktiristek Kemdikbudristek melaksanakan program Gemar Berliterasi. 

Program ini merupakan akronim dari Gerakan Masyarakat Berdaya Literasi. Program ini bertujuan untuk mengembangkan literasi digital dan kemampuan berbahasa Inggris Masyarakat. Pelaksanaan program ini bermitra dengan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Yapenmas. 

Peserta program ini merupakan warga belajar yang ada dalam naungan PKBM Yapenmas. Pengembangan literasi digital diimplementasikan melalui pelatihan canva dan geogebra, sedangkan pengembangan kemampuan Bahasa Inggris dilakukan melalui pelatihan reading dan speaking berbantuan aplikasi duolingo. 

Program ini berlangsung dari 9 Agustus s.d. 8 September 2024. Untuk mendukung program Gemar Berliterasi, tim pelaksana hibah PKM Universitas Subang yang diketuai Dr. Nita Delima, S.Si., M.Pd. dengan anggota H. Endang Irawan Supriyadi, S.Sos., M.A.P dan Mimin Aminah, M.Pd., juga memberikan fasilitas pendukung berupa perangkat komputer lengkap dengan koneksi internet serta ratusan buku tentang literasi digital dan Bahasa Inggris. 

Tim pelaksana hibah PKM Universitas Subang yang diketuai Dr. Nita Delima, S.Si., M.Pd mengatakan, program ini diharapkan dapat menjadi gerakan akar rumput yang berasal dari Masyarakat yang mampu membantu pemerintah dalam meningkatkan literasi digital. Kemitraan dengan PKBM Yapenmas yang berlokasi di Perumahan Bumi Abdi Negara Subang akan menjadi sebuah embrio dalam mewujudkan kampung literasi di RW 16 Pasirkareumbi. 

"Oleh karena itu, untuk keberlanjutan program ini, tim pelaksana hibah PKM Universitas Subang bersama dengan PKBM Yapenmas akan memberikan motivasi kepada peserta pelatihan ini agar dapat menjadi agen penggerak literasi di masyarakat," jelasnya.(rls/ysp)

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua