News

Tiga Tahun, Pemkab Subang Berhasil Revitalisasi Enam Pasar

RAPAT: Plt Kabid Pasar DKUPP Kabupaten Subang, Lita Pelitiani saat melakukan rapat terkait revitalisasi pasar. CINDY DESITA PUTRI/PASUNDAN EKSPRES

SUBANG-Selama tiga tahun, Pemerintah Kabupaten Subang berhasil merevitalisasi enam pasar tradisional yang dulu kondisinya sangat memprihatinkan. 

Pasar yang telah rampung direvitalisasi di antaranya, Pasar Ciasem, Pasar Pusakanagara, Pasar Cikaum, Pasar Cisalak, Pasar Pujasera Subang, dan Pasar Inpres Pagaden. 

Plt Kabid Pasar Dinas Dinas Koperasi UMKM Perindustrian dan Perdagangan (DKUPP) Kabupaten Subang, Lita Pelitiani mengatakan, pasar di Subang idelanya harus direvitalisasi. 

"Semua pasar di wilayah Subang idelanya harus direvitalisasi, saat ini baru 6 pasar yang sudah direvitalisasi. Untuk pasar inpres Pagaden masih dalam proses," katanya. 

Lita menyampaikan, setelah pasar inpres Pagaden rampung, pihaknya akan mengajukan revitalisasi selanjutnya untuk pasar Pabuaran. Mengingat kondisi pasar Pabuaran sudah tidak layak. 

"Pasar Pabuaran sudah diajukan revitalisasi ke Pemprov, sebetulnya tahun lalu sudah diajukan tapi gak dapat. Mangkannya ini diajukan lagi," terang Lita. 

Dia berharap, dengan adanya revitalisasi pasar-pasar di Kabupaten Subang semakin tertata dan semakin rapih sehingga dapat meningmatkan perputaran ekonomi. 

"Dengan begitu daya beli dan minat masyarakat akan meningkat, sehingga perputaran perekonomian di Subang semakin tinggi," tuturnya. 

Menurutnya, pasar tradisional dapat direvitalisasi dilihat dari beberapa indikator seperti bangunan pasar yang sudah tidak layak, habis masa perjanjian kontrak dan pasar tidak bisa mencukupi kebutuhan masyarakat sekitar.(cdp/ysp) 

Pasar Hasil Revitalisasi

1. Pasar Ciasem

2. Pasar Pusakanagara

3. Pasar Cikaum

4. Pasar Cisalak

5. Pasar Pujasera Subang

6. Pasar Inpres Pagaden. 

Berita Terkait