Sepak Bola

Malut United Tampil Mentereng di Liga 1 2024-2025, Tim Promosi Tanpa Kekalahan

Selebrasi para pemain Malut United kala melawan Perserang Serang di Liga 2 2023-2024 sumber (Instagram/malutunitedfc)
Selebrasi para pemain Malut United kala melawan Perserang Serang di Liga 2 2023-2024 sumber (Instagram/malutunitedfc)

PASUNDAN EKSPRES - Malut United membuat kejutan di Liga 1 2024-2025 dengan mencatatkan hasil yang cukup mentereng. Tim yang baru promosi ini menjadi satu-satunya tim promosi yang belum merasakan kekalahan hingga pekan kedua. Meskipun baru meraih dua poin dari dua laga, hasil ini sudah cukup membawa Malut United ke posisi 12 klasemen sementara.

Hasil positif ini mendapat apresiasi dari legenda sepak bola Maluku Utara, Rahmat Rivai. Menurutnya, anak asuh Imran Nahumarury sedang dalam proses menuju ke arah yang lebih baik. Rivai menekankan bahwa proses tersebut mencakup pembentukan karakter tim hingga terjalinnya chemistry antar pemain di setiap lini.

"Tidak bisa dibilang bagus, tidak bisa juga dibilang jelek, karena tim ini sedang berproses," ujar Rivai saat dihubungi via ponsel, Rabu (21/8/2024). Eks bomber Sriwijaya FC yang akrab disapa Poci ini menambahkan bahwa dua poin dari dua laga di kompetisi sebesar Liga 1 adalah pencapaian yang membanggakan.

Menurutnya, perpaduan antara pemain asing dan lokal di Malut United telah berjalan sesuai dengan skema yang diterapkan oleh pelatih Imran Nahumarury. "Coach Imran sudah paham betul karakter pemainnya, mana yang masuk line-up dan mana yang siap bermain sebagai pemain pengganti," tambah Rivai.

Rivai juga menyoroti penyelesaian akhir sebagai salah satu masalah yang dihadapi oleh Malut United. Sebagai mantan striker, ia memahami betul tekanan yang dirasakan oleh penyerang ketika gagal mencetak gol. Namun, Rivai yakin bahwa penyerang-penyerang seperti Martinez dan Mansaray akan segera menemukan cara untuk memecah kebuntuan.

"Solusi dari semua masalah mulai dari chemistry antar pemain, paceklik gol, hingga kemenangan bisa diperoleh saat berlaga di depan pendukung sendiri di Gelora Kie Raha. Yakin, pemain pasti akan tampil lebih spartan," tandasnya.

Meskipun hanya meraih dua poin dari dua laga, hasil ini bukanlah catatan buruk mengingat ada beberapa klub lain yang hingga pekan kedua Liga 1 2024-2025 belum meraih kemenangan, seperti PSBS Biak, Semen Padang, Persis Solo, dan PSS Sleman.

Sebelumnya, raut kekecewaan tak bisa disembunyikan oleh pelatih kepala Malut United, Imran Nahumarury, dalam sesi jumpa pers usai laga imbang 0-0 melawan Persebaya Surabaya, Jumat (16/8/2024). Meski demikian, Imran menyatakan bahwa satu poin melawan Persebaya tetap patut disyukuri.

"Kami kurang beruntung, namun para pemain sudah bekerja keras untuk mendapatkan poin ini," ungkap Imran. Setelah bermain imbang 1-1 melawan Madura United di laga sebelumnya, penyelesaian akhir memang menjadi sorotan utama bagi Malut United.

"Saya akui, chemistry pemain kami dalam membangun dan menyelesaikan serangan belum berjalan sesuai harapan," tutup Imran.

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua