Tekno

Siri Akan Jadi Asisten Super Canggih di iOS 18, Karena Pakai AI!

Siri pakai AI di iOS 18
Siri pakai AI di iOS 18.

PasundanEkspres - Apple dikabarkan akan meningkatkan kemampuan Siri dengan kecerdasan buatan atau AI, yang akan dirilis bersamaan dengan pembaruan iOS 18.

Seperti yang diberitakan The Verge, yang dilihat pada Minggu (2/6/2024), dengan teknologi AI ini, pengguna bisa mengendalikan fitur spesifik dari suatu aplikasi melalui perintah suara yang diberikan kepada Siri. Informasi ini diungkap oleh Bloomberg dalam laporan terbarunya.

Bloomberg juga mengungkap bahwa Siri akan dapat menganalisis aktivitas pengguna di iPhone sembari mengaktifkan fitur pengendalian Siri secara otomatis. Pada awalnya, fitur ini hanya akan tersedia di aplikasi buatan Apple, tetapi mereka berencana menambahkan dukungan untuk ratusan perintah di dalam aplikasi lainnya.

Siri nantinya akan dapat memproses lebih dari satu perintah secara bersamaan. Selain itu, Siri juga akan mampu melaksanakan sejumlah tugas sekaligus dalam satu perintah, misalnya: merangkum rekaman rapat dan mengirimkannya kepada seseorang.

Laporan dari Bloomberg menunjukkan bahwa kemampuan Siri mirip dengan yang dijanjikan Samsung saat merilis Bixby pada 2017: "Apapun yang Anda bisa lakukan dengan sentuhan, bisa Anda lakukan dengan perintah suara" di aplikasi buatan Samsung.

Belum jelas bagaimana teknologi ini akan berfungsi. Namun, dalam demo video dari Microsoft, ditunjukkan bagaimana asisten Copilot bekerja menggunakan GPT-4o untuk memberikan tips bermain Minecraft setelah asisten digital tersebut menonton video tertentu.

Sebelumnya, Bloomberg juga menjelaskan bagaimana produk Apple bisa menerima sejumlah perintah dan memprosesnya secara internal dalam perangkat. Tentu saja, perintah yang dapat diproses secara internal ini adalah perintah yang sederhana, sementara perintah yang kompleks tetap akan dikirimkan ke cloud.

Apple pun dikabarkan telah menandatangani perjanjian dengan OpenAI, mungkin untuk menghadirkan kemampuan GPT ke dalam iOS 18.

Berbagai pengumuman resmi terkait AI dan iOS 18 ini akan diungkap kepada publik dalam acara WWDC 2024 yang diadakan pada 10 Juni mendatang.

Berita Terkait