Tekno

Bisakah Aktivitas dan Riwayat Chatting WhatsApp Dilihat di Google Activity?

cara lihat riwayat chat whatsapp di google activity
bisakah melihat riwayat chat WA di Google Activity. (screenshot @myactivity.google.com)

PasundanEkspres - Seluruh aktivitas pengguna Google tercatat di Google Activity, termasuk riwayat penggunaan situs, aplikasi, serta produk dan layanan milik Google. Bahkan aktivitas di beberapa aplikasi non-Google juga dapat terekam.

Pertanyaan yang sering muncul adalah apakah aktivitas dan riwayat chatting di WhatsApp (WA) dapat diakses melalui Google Activity. Mengingat WhatsApp adalah aplikasi yang digunakan untuk mengirim dan menerima pesan serta berbagi informasi dan data penting, hal ini menjadi perhatian banyak orang.

Bisakah Riwayat Aktivitas dan Chatting WhatsApp Dilihat di Google Activity?

Google dapat melacak riwayat penggunaan WhatsApp dalam kehidupan sehari-hari, termasuk seberapa sering aplikasi chatting tersebut diakses. Menurut situs India Today, Google mencatat dan menyimpan riwayat penggunaan WA dalam Google Activity.

Perekaman penggunaan WA ini merupakan bagian dari pelacakan Aktivitas Web & Aplikasi di Google Activity. Namun, hal ini tidak berlaku untuk riwayat chatting di WhatsApp antara pengguna atau dalam grup.

Google tidak dapat merekam riwayat chatting WhatsApp dalam Google Activity. Berdasarkan laman Pusat Bantuan WhatsApp, aplikasi ini menggunakan fitur enkripsi end-to-end. Fitur ini memastikan bahwa pesan di WhatsApp hanya dapat dilihat oleh penggunanya yang terlibat dalam percakapan.

Pihak WhatsApp bahkan tidak dapat mengetahui pesan yang dikirim di antara penggunanya. Dengan sistem ini, riwayat chatting di WhatsApp tidak dapat diakses melalui Google Activity. Artinya, yang mungkin terekam dalam Google Activity hanyalah aktivitas akses WhatsApp.

Apakah Google Menyimpan Riwayat Aktivitas Aplikasi Pihak Ketiga?

Google menyimpan riwayat penggunaan WhatsApp sehari-hari, tetapi tidak menjelaskan penerapan pelacakan yang sama pada aplikasi pihak ketiga lainnya. WhatsApp sendiri merupakan aplikasi yang bukan buatan Google.

Menurut penjelasan India Today, Google hanya menyimpan data aktivitas pengguna untuk aplikasi milik Google. Pengaturan dalam Aktivitas Web & Aplikasi ini bertujuan untuk memberikan hasil penelusuran terbaik berdasarkan aktivitas pengguna.

"Jika Aktivitas Web & Aplikasi diaktifkan, pencarian dan aktivitas Anda dari layanan Google lainnya akan disimpan di Akun Google Anda, memungkinkan Anda mendapatkan hasil pencarian dan saran yang lebih baik. Anda memiliki kendali penuh atas data yang disimpan, termasuk menghapus pencarian dan aktivitas sebelumnya, atau menonaktifkan Aktivitas Web & Aplikasi kapan saja," kata Google.

Menurut Google Help, Google Activity menyimpan aktivitas pengguna saat mengakses produk Google, situs, aplikasi, serta perangkat yang menggunakan layanan Google. Pengguna dapat mengatur dan menyesuaikan riwayat yang disimpan sesuai kebutuhan.

Cara Melihat Riwayat Aktivitas di Google Activity

Untuk melihat riwayat aktivitas Anda di Google Activity, ikuti langkah-langkah berikut yang dikutip dari laman Google Account Help:

1. Buka akun Google di myaccount.google.com.

2. Klik 'Data & Privasi' pada bagian atas.

3. Gulir ke bawah, klik 'Aktivitas Saya' pada bagian 'Setelan histori'.

4. Anda dapat melihat seluruh riwayat aktivitas yang disusun berdasarkan hari dan waktu. Untuk menemukan aktivitas tertentu, gunakan kotak pencarian dan filter.

Cara Menghapus Riwayat Aktivitas dan Mematikan Google Activity

Google Activity dapat dinonaktifkan agar tidak lagi merekam aktivitas. Data yang sudah tersimpan juga dapat dihapus. Berikut caranya:

1. Buka akun Google di myaccount.google.com.

2. Klik 'Data & Privasi' pada bagian atas.

3. Gulir ke bawah, klik setelan aktivitas atau riwayat yang tidak ingin disimpan pada bagian 'Setelan histori'.

4. Pilih 'Nonaktifkan' atau 'Nonaktifkan dan hapus aktivitas' pada bagian bawah pengaturan yang tidak ingin disimpan.

5. Jika memilih 'Nonaktifkan dan hapus aktivitas', lanjutkan dengan memilih dan mengonfirmasi aktivitas apa saja yang ingin dihapus.

Dengan penjelasan ini, diharapkan Anda dapat memahami apakah aktivitas dan riwayat chatting WhatsApp dapat dilihat di Google Activity. Kelebihan Google Activity dalam menyimpan riwayat akses dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan efisiensi pencarian.

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua