Tekno

X Ganti Emoji Pistol Air Jadi Senjata Api

X ganti emoji pistol air jadi senjata api
X mengganti emoji pistol air jadi senjata api. (screenshot @emojipedia)

PasundanEkspres - Setelah enam tahun, pengguna X (sebelumnya dikenal sebagai Twitter) menemukan adanya perubahan pada emoji pistol. Emoji yang dulunya menampilkan gambar pistol air kini telah berubah menjadi pistol realistis.

Dilaporkan oleh PasundanEkspres dari Apple Insider, Jumat (26/7/2024), diketahui bahwa keberadaan sebuah emoji bergantung pada keputusan tahunan dari Unicode Consortium, bukan pada perusahaan seperti Apple, Google, atau X.

Setiap perusahaan membuat representasi desain grafisnya sendiri, dan saat ini X telah menunjukkan bahwa mereka menentang standar yang diakui industri. Emojipedia menyatakan bahwa X telah memperbarui desain emoji untuk kata "pistol" dan mengubahnya menjadi gambar senjata api.

Emoji pistol telah menjadi emoji resmi sejak sekitar tahun 2010, dan Emojipedia memiliki bagan yang menunjukkan desainnya sejak tahun 2013 dan seterusnya.

Pada awalnya, setiap perusahaan menunjukkan emoji pistol sebagai senjata api, kecuali Microsoft, yang mendesainnya sebagai pistol sinar gaya Buck Rogers.

Namun, pada tahun 2016, Apple mengubah emoji tersebut dari senjata api menjadi pistol air. Itu bukan satu-satunya perubahan emoji yang berhubungan dengan senjata api.

Pada tahun 2018, Google, Microsoft, Samsung, Facebook, dan Twitter semuanya setuju dengan Apple. Setiap emoji pistol berbeda, tetapi masing-masing merupakan gambar pistol air.

Twitter belum mengumumkan perubahan ini, dan karena tampilan emoji dikendalikan oleh masing-masing platform, emoji pistol air yang lama masih muncul di aplikasi Twitter iOS. Namun, menambahkannya melalui browser akan menampilkan desain pistol yang baru.

Dilaporkan bahwa desain baru ini mulai diluncurkan dalam pembaruan X pada tanggal 18 Juli 2024. Pada bulan Juli 2023, X juga mengubah beberapa emoji, termasuk Wajah Memohon, tetapi tampaknya ini adalah revisi pertama yang disengaja untuk kembali ke ide desain sebelumnya.

Secara terpisah, Unicode Consortium telah mempertimbangkan proposal untuk emoji baru. Jika disetujui, biasanya akan ditambahkan ke perangkat Apple dalam beberapa bulan.

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua