Daerah

Tim Basket SMPIT Cendekia Purwakarta Cetak Three-peat, Tiga Kali Juara Smanda Cup

SMPIT Cendekia Purwakarta
Tim Basket SMPIT Cendekia Purwakarta sukses mencetak three-peat atau menjadi juara tiga tahun berturut-turut Smanda Cup 2024.(Adam Sumarto/Pasundan Ekspres)

PURWAKARTA-Tim Basket SMPIT Cendekia sukses menjuarai Smanda Cup 2024 setelah menumbangkan Tim Basket SMPN 3 Purwakarta di laga final dengan skor tipis 44 - 43, Senin (2/9).

Tak hanya itu, terpilihnya Rafael Muhammad Gaza, Power Forward andalan Tim Basket SMPIT Cendekia, sebagai Most Valuable Player (MVP) semakin melengkapi raihan di kejuaraan tahunan yang digelar SMAN 2 Purwakarta itu.

Kepala SMPIT Cendekia Rini Rosmiati menyebutkan, raihan tersebut merupakan three-peat atau yang ketiga kalinya berturut-turut setelah sebelumnya tim dengan nama Anak Basket SMPIT Cendekia (Tim ABC) itu juga keluar sebagai juara pada Smanda Cup 2022 dan Smanda Cup 2023.

"Alhamdulillah saya sebagai Kepala SMPIT Cendekia merasa sangat bersyukur dan bangga atas prestasi yang telah diraih oleh Tim Basket SMPIT Cenderung," kata Rini kepada wartawan, Selasa (3/9).

Disebutkan Rini, berbagai kejuaraan telah dimenangkan Tim Basket SMPIT Cendekia dari tingkat kabupaten hingga provinsi. Adapun anggota Tim Basket SMPIT Cendekia saat ini adalah, TIM SMANDA CUP 2024 Gaza (PF), Rasyha (SF), Nugi (PG), Fathir (PG), Razzan (SF), Hilmi (C), Adit (SG), Azhar (SF), Hasan (SF), Rinaldi (PF), Najib (SG) dan Hafis (SF).

"Kunci prestasi gemilang ini adalah kerja sama tim yang erat dan dedikasi tinggi dari setiap anggota tim. Selain itu, latihan keras, fokus pada pengembangan keterampilan dan dukungan antarpemain telah membentuk fondasi yang kokoh bagi Tim Basket SMPIT Cendekia," ujarnya.

Rini juga mengapresiasi seluruh anggota Tim Basket SMPIT Cendekia. "Anak-anak telah menunjukan semangat juang yang luar biasa dan berkomitmen untuk mencapai prestasi. Mereka bukan hanya atlet andal, tapi juga bukti kekompakan dan kerja sama dari keluarga besar SMPIT Cendekia, pihak yayasan dan orang tua siswa," ucap Rini.

Dirinya berharap prestasi yang diraih ini menjadi pendorong bagi pengembangan minat bakat olahraga di SMPIT Cendekia. "Juga bisa terus memotivasi para siswa untuk mencapai prestasi yang lebih tinggi, baik dalam olahraga maupun akademis," kata Rini.

Senada disampaikan Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, Shalihaa. Disebutkannya, Tim Basket SMPIT Cendekia belum lama terbentuk. "Dirintis sejak 2020, Tim Basket SMPIT Cendekia resmi diperkenalkan pada 2021. Alhamdulillah, sejak saat itu banyak prestasi yang ditorehkan," ujar Shalihaa.

Deretan prestasi yang berhasil dicetak Tim Basket SMPIT Cendekia di antaranya, 8 Besar Revival Basketball se-Jawa Barat 2023, Juara 1 Perbasi Cup 2023 Kabupaten Purwakarta dan Juara 2 MGMP Cup 2023 Kabupaten Purwakarta.

Kemudian, Juara 1 MGMP PJOK 2024 Kabupaten Purwakarta, Juara 3 Popkab 2023 Kabupaten Purwakarta, Juara 2 Asfera se-Jawa Barat 2023, Juara 1 Smanda Cup 2022, Juara 1 Smanda Cup 2023 dan Juara 1 Smanda Cup 2024.

"Tim Basket merupakan satu dari 10 talent class yang dimiliki SMPIT Cendekia. Alhamdulillah, kami memiliki banyak talent class berprestasi lainnya," kata Shalihaa.

Ditemui di kesempatan yang sama, Poin Forward Tim Basket SMPIT Cendekia Rafael Muhammad Gaza menyebutkan, prestasi yang berhasil diraih timnya itu atas latihan rutin dan dukungan dari sekolah.

"Alhamdulillah, Ibu Kepala Sekolah selalu mendukung tim kami. Tak hanya memberikan dispensasi tapi juga kadeudeuh saat tim kami juara," ujar pemain dengan tinggi badan 185 cm ini.

Terpisah, Ketua Dewan Pembinaan Yayasan Yasri Purwakarta, Agus Muharam mengapresiasi pembinaan talent class SMPIT Cendekia, tak terkecuali pembinaan tim basket.

"Prestasi yang berhasil diraih Tim Basket SMPIT Cendekia ini menjadi kebanggaan bagi pihak yayasan. Dengan fasilitas yang ada, Tim Basket SMPIT Cendekia menunjukkan prestasi yang luar biasa," ucapnya.

Disinggung terkait dukungan yayasan untuk pengembangan talent class, khususnya basket, Agus Muharam mengatakan, pihak yayasan akan terus mendukung penuh.

"Sekolah di bawah Yayasan Yasri seluruhnya berprestasi, baik akademik maupun non-akademik. Semuanya harus mendapat perhatian dan dukungan, sesuai dengan visi membina iman, ilmu dan amal," kata Agus Muharam.(add)

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua