News

Di Dewan HAM, RI Nyatakan Dukungan Penuh ke Palestina

Di Dewan HAM, RI Nyatakan Dukungan Penuh ke Palestina
Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi di Jenewa, Swiss. (dok. Kemlu RI)

PASUNDAN EKSPRES - Retno Marsudi selaku Menteri Luar Negeri Republik Indonesia menghadiri Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia ke-75 tahun di Markas Dewan HAM PBB pada 11 Desember 2023.

Dalam deklarasi HAM di Jenawa tersebut Retno menyampaikan 4 komitmen nasional Indonesia untuk pemajuan HAM.

"Pertama, sebagai calon terpilih anggota Dewan HAM PBB, Indonesia menegaskan kembali komitmennya untuk memperkuat solidaritas politik dan dukungan kemanusiaan terhadap Palestina, termasuk dengan meningkatkan kontribusi ke UNWRA sebesar tiga kali lipat," kata Retno yang melansir dari IDN Times pada Selasa (12/12/2023).

Kedua, Indonesia akan terus berkomitmen demi melanjutkan proses ratifikasi Konvensi Internasional untuk Pelindungan Semua Orang dari Penghilangan Paksa. 

BACA JUGA:Prabowo Kunjungi Ponpes Miftahul Huda Tasikmalaya, Politisi PPP Uu: Politik Harus Cair Tidak Bisa Dipaksakan

Jika konvensi tersebut telah diratifikasi, berarti Indonesia telah meratifikasi semua instrumen inti HAM internasional.

"Ketiga, Indonesia berkomitmen melindungi dan menghormati hak penyandang disabilitas, termasuk dengan memperkuat peran Komisi Nasional Disabilitas. Keempat, Indonesia juga berkomitmen mengimplementasikan Strategi Nasional Bisnis dan HAM," lanjut Retno.

BACA JUGA:Janji Anies Jika Jadi Presiden, Harga Stabil dalam 100 Hari Pertama Kerja

Selain komitmen nasional, Retno juga telah menyampaikan komitmen negara-negara anggota ASEAN dan Timor Leste untuk memperkuat kerja sama HAM di kawasan.

“Kami berkomitmen untuk memperkuat kerja sama regional di bidang HAM, termasuk melalui implementasi ASEAN Leaders' Declaration on the ASEAN Human Rights Dialogue yang diadopsi pada KTT ASEAN ke-43," ujar Retno membacakan pernyataan ASEAN. 

 

Berita Terkait