Daerah

Gempa di Sumedang Getarannya Terasa Hingga Subang, BPBD Subang Lakukan Monitoring untuk Cek Dampaknya

SUBANG-Gempa bumi berkekuatan magnitudo 4,8 guncang Kabupaten Sumedang pada Minggu (31/12) pukul 20.34 malam. Getaran gempa pun terasa hingga Kabupaten Subang. 

Hal tersebut pun dibenarkan oleh Badan Penaggulan Bencana Daerah (BPBD) Kabupetan Subang. 

"Untuk di Subang terasa getarannya 2 detik," terang Kalak BPBD Kabupaten Subang, Udin Jazudin saat dihubungi Pasundan Ekspres. 

Ia mengatakan, pihaknya akan terus memonitoring perkembangan selanjutnya untuk melihat dampak dari getaran gempa tersebut. 

"Untuk monitoring masih dalam tahap persiapan, saat ini kami baru menghubungi dari setiap aparat di masing-masing kecamatan di Kabupaten Subang," kata Udin Jazudin. 

Sebelumnya gempa juga mengguncang Sumedang hari ini pada pukul 14.35 WIB. Saat itu gempa yang mengguncang Sumedang berkekuatan magnitudo 4,1. 

BMKG menyatakan gempa bumi tektonik dangkal yang mengguncang Kabupaten Sumedang, Jawa Barat itu ditengarai akibat adanya aktivitas sesar aktif. 

Menurut BMKG informasi gempa ini mengutamakan kecepatan, sehingga hasil pengolahan data belum stabil dan bisa berubah seiring kelengkapan data.(cdp/ysp) 

Tag :

Berita Terkait