Daerah

Olimpiade Siswa Nasional Resmi Digelar di Subang

Olimpiade Siswa Nasional
Disdikbud Kabupaten Subang resmi menggelar OSN tingkat SMP Sederajat di As-Syifa Boarding School Jalancagak, pada Rabu (29/5). (Muhammad Faishal/Pasundan Ekspres)

SUBANG-Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Subang resmi menggelar OSN tingkat SMP Sederajat dengan tema "Merdeka Berprestasi, Talenta Sains Menginspirasi" yang diselenggarakan di As-Syifa Boarding School Jalancagak, pada Rabu (29/5). 

Mewakili Kepala Disdikbud Subang, Sekretaris Disdikbud Subang Anno Suyatno mengatakan, kegiatan ini diselenggarakan mulai dari tanggal 29 Mei sampai dengan 30 Mei 2024. Terdapat beberapa mata pelajaran yang dilombakan, antara lain IPA, IPS, dan Matematika. 

Ia juga berterima kasih kepada As-Syifa Boarding School Jalancagak yang sudah menyediakan fasilitas dan tempat untuk berlangsungnya kegiatan OSN tersebut. 

"Alhamdulillah berkat teman-teman dari As-Syifa Boarding School Jalancagak kegiatan ini bisa dilakukan terpusat. Jadi terima kasih telah menyediakan fasilitas dan tempatnya, mudah-mudahan bisa berjalan dengan baik," ucapnya. 

Melihat kelengkapan fasilitas yang ada, Anno berharap As-Syifa dapat kembali menjadi tuan rumah gelaran tersebut. 

"Mudah-mudahan tahun depan As-Syifa juga bisa kembali menjadi tuan rumah kegiatan ini," ucapnya. 

Kasi Kurikulum SMP Fera Maulidya mengungkapkan besaran jumlah peserta dari masing-masing mata pelajaran yang dilombakan. 

"Peserta IPA ada 98 orang, peserta IPS ada 93 orang, dan peserta Matematika ada 99 orang," katanya.

Fera mengatakan, penyelenggaraan OSN di Kabupaten Subang agak berbeda dengan OSN di kabupaten/kota lainnya, karena penyelenggaraannya berbasis ANBK. 

"Puspresnas, BPTI pada awalnya menyelenggarakan OSN ini dengan berbasis android atau menggunakan handphone. Sekarang kita konsentrasikan dengan tujuan demi menjaga validitas dan integritas pelaksaan OSN yang terpusat di Kabupaten serta Pemerintah hadir untuk menyaring yang terbaik secara objektif," ucapnya. 

Ia mengatakan, perubahan tersebut dikarenakan adanya kendala pada server nasional yang down sehingga tidak dimungkinkan untuk menggelar dengan menggunakan android. 

"Dinamika itu ada dua kali pendaftaran, ketika menggunakan android server nasionalnya down, sehingga diganti metode OSN berbasis ANBK," ucapnya. 

Dari sana, Fera berterima kasih kepada As-Syifa yang telah menyukseskan acara tersebut. "Maka dari itu, kami berterima kasih kepada As-Syifa Boarding School Jalancagak, karena tanpa kesiapan As-Syifa untuk memfasilitasi 300 computer client, beserta jaringan internet yang luar biasa kuat, ini tidak mungkin bisa dilaksanakan," ucapnya. 

Mendengar beberapa testimoni baik dari Disdikbud, Kepala Divisi Pendidikan dan Pondok Pesantren Yayasan As-Syifa Sudirman, S.Pd menyatakan siap untuk kembali menjadi tuan rumah OSN tahun depan. 

"Insya Allah untuk event yang lain kami sangat terbuka kami sangat terbuka dan mudah-mudahan untuk OSN tahun depan kita Insya Allah siap," ucapnya. 

Ia juga berterima kasih kepada Disdikbud dan pihak lainnya yang telah mempercayakan As-Syifa sebagai tuan rumah gelaran OSN kali ini. 

"Terima kasih atas kepercayaan, mudah-mudahan apa yang kami sediakan ini bisa bermanfaat dan memfasilitasi semuanya khususnya peserta OSN kali ini, semoga lancar dalam prosesnya dan mendapatkan hasil yang maksimal," ucapnya.(fsh/ysp) 

Berita Terkait