Daerah

Tingkatkan Minat Baca, Perpustakaan Keliling Dispusipda Kunjungan ke Sekolah

Dispusipda Jawa Barat
Dispusipda Jawa Barat lakukan kunjungan perpustkaaan keliling menggunakan mobil baca ke beberapa sekolah yang ada di Jawa barat.(Nisa Atiatul/Pasundan Ekspres)

SUBANG-Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (Dispusipda) Jawa Barat lakukan kunjungan perpustkaaan keliling menggunakan mobil baca ke beberapa sekolah yang ada di Jawa barat. Hal itu dilakukan untuk meningkatkan minat baca para siswa serta untuk mendorong literasi masyarakat muda. "Dengan adanya kegiatan ini bisa mendorong masyarakat muda khususnya Kabupaten Subang bisa lebih meningkat. Terlebih IPLM (Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat) masih sangat rendah," kata Megi Novalia kepada Pasundan Ekspres.

Dalam meningkatkan IPLM, Dispusipda Jawa Barat juga bekerja sama dengan sekolah-sekolah di Jawa Barat dalam meningkatkan literasi Siswa/siswinya. "Kami membawa mobil perpustakaan keliling, kami juga mencoba melakukan kerja sama dengan beberapa sekolah SMK di Jawa Barat mengenai Buklon (peminjaman buku)," kata Megi  

Buklon ini merupakan sebuah program peminjaman buku yang bisa dilakukan oleh setiap sekolah di Jawa Barat. Peminjaman bukunya sendiri dilihat dari kebutuhan baca para siswanya. "Buklon itu adalah peminjaman buku terhadap sekolah, yang dimana buku tersebut telah dipilih dan ditentukan oleh sekolah disesuaikan dengan kebutuhan siswa. Apabila tidak sesuai maka buku tersebut bisa ditukar kembali dan disesuaikan," ungkapnya. 

Kemudian, Megi menjelaskan ada ratusan buku yang selalu di bawa oleh mobil perpustakaan keliling dalam setiap kunjungannya ke sekolah-sekolah.."Ada ratusan buku yang kami selalu bawa, kita juga menyesuaikan sesuai dnegan segmentasinya para siswa-siswi," jelasnya. 

Dengan adanya mobil perpustakaan keliling ini, Dispusipda Jawa Barat mengharapkan minat baca di setiap sekolah di Jawa Barat bisa lebih meningkat. "Kedepannya minat baca disetiap sekolah bisa lebih meningkat dan IPLM kita juga meningkat," harapnya.(nsa/sep) 

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua