Daerah

UPTD Puskesmas Cibogo Hadirkan Program Inovasi CILUKBA

UPTD Puskesmas Cibogo
UPTD Puskesmas Cibogo menghadirkan program inovasi CILUKBA yang bertujuan untuk meningkatkan Standar Pelayanan Minimal.(Zaenal Abidin/Pasundan Ekspres)

SUBANG-Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Puskesmas Cibogo, Kecamatan Cibogo, Kabupaten Subang, kembali menghadirkan program inovasi Cibogo Keliling Untuk Kesehatan Bersama (CILUKBA). Program inovasi ini bertujuan untuk meningkatkan Standar Pelayanan Minimal (SPM) yang merupakan indikator kinerja dari Pj. Bupati. 

Aas Asiah Pelaksanaan Program TBC Puskesmas Cibogo menyampaikan bahwa didalamnya itu ada kasus TBC sehingga untuk SPM nya terdapat ada Hipertensi dan kencing manis. Sehingga layanan Cilukba yang diberikan meliputi pemeriksaan kesehatan ibu hamil, bersalin, bayi, balita, lansia, anak sekolah, usia produktif, skrining hipertensi, diabetes melitus, TB paru, HIV, serta Kesehatan jiwa. "Jadi hadirnya Cilukba ini kita menjaring sasaran yang belom pernah kita jaring, sehingga yang turun kelapangan tidak hanya satu atau dua program jadi kita hadir dengan rembukan bersama-sama," ungkapnya. 

"Mulai dari dokternya, khusus untuk ibu hamil juga ada USG nya, kemudian ada imunisasinya dan untuk penyakit yang menular kita juga ada turun langsung kelapangan, serta kita menyediakan lab untuk pemeriksaan yang harus menggunakan lab," lanjutnya. 

Ia mengatakan, dengan adanya Cilukba ini standar layanan Puskesmas Cibogo dapat terus meningkat hasil pencapaiannya, sehingga dapat membantu kinerja bapa Pj. Bupati. 

Selain itu, program ini juga berkolaborasi dengan perangkat desa dan tokoh masyarakat setempat untuk memastikan bahwa informasi mengenai jadwal kunjungan tim kesehatan dapat tersebar dengan baik. "Kami berharap dengan adanya program ini, masyarakat dapat lebih mudah mendapatkan pelayanan kesehatan dan informasi mengenai pentingnya menjaga kesehatan" ujarnya.

Kemudian untuk jadwal Cilukba sendiri kita turun setiap bulan dalam satu kali dengan tujuan satu desa, jadi terdapat ada 9 desa sasaran yang kita kunjungi dalam satu bulan. 

Ia menambahkan, untuk masyarakat yang ingin mendaftarkan saat pemeriksaan Cilukba bisa membawa kartu NIK atau kartu BPJS.(znl/sep)

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua