Daerah

Mahasiswa "Angkatan COVID-19" STAI Muttaqien Purwakarta Diwisuda

STAI DR. K.H. E.Z. Muttaqien Purwakarta
Sekolah Tinggi Agama Islam DR. K.H. E.Z. Muttaqien Purwakarta menyelenggarakan Wisuda Sarjana Ke-30 dan Magister Ke-6 bertempat di Hotel Prime Plaza Kota Bukit Indah Purwakarta, Sabtu (31/8).(Adam Sumarto/Pasundan Ekspres)

PURWAKARTA-Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) DR. K.H. E.Z. Muttaqien menyelenggarakan Wisuda Sarjana Ke-30 dan Magister Ke-6 bertempat di Hotel Prime Plaza Kota Bukit Indah Purwakarta, Sabtu (31/8).

Ketua STAI Muttaqien Purwakarta Dr. Surya Hadi Darma, M.Ud., mengatakan, mahasiswa sarjana yang diwisuda adalah Angkatan 2019 yang berbarengan dengan Bencana Nasional COVID-19 di mana seluruh aktivitas perkuliahan dilakukan daring. 

"Kami merasa bangga, meskipun perkuliahan tidak maksimal karena situasi dan kondisi COVID-19, kualitas para mahasiswa tetap membanggakan. Terbukti, dari 159 mahasiswa sarjana yang diwisuda, 142 di antaranya lulus dengan predikat cumlaude," katanya.

Senada, Ketua Panitia Wisuda MS. Ridwanulloh, M.Pd., mengatakan, ke-159 wisudawan tahun ini terdiri atas program Magister delapan orang, Sarjana Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) 86 orang dan Hukum Keluarga Islam (HKI) 11 orang.

"Kemudian, Ekonomi Syariah (Ekos) 21 orang, Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) tujuh orang, Pendidikan Bahasa Arab (PBA) 16 orang dan Pendidikan Iskam Anak Usia Dini (PIAUD) 10 orang," ujar Ridwanulloh.

Hadir mewakili Koordinator Perguruan Tinggi Agama Islam Swasta (Kopertais) Wilayah II Jawa Barat Dr. H. Mulyana, Lc. M.Ag Kepala Bidang Kemahasiswaan. 

Sementara Itu Orasi Ilmiah disampaikan oleh Dr. A. Rafiq Zainul Mun'im, S.Th.I., M.Fil.I Analis Kebijakan Ahli Muda pada Seksi Bina Kelembagaan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta Subdirektorat Kelembagaan dan Kerja Sama Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI.

Sebelumnya, STAI Muttaqien Purwakarta telah menggelar Sidang Terbuka Tesis Tahun Akademik 2023/2024 bertempat di Gedung Ramli Lantai 1 Ruang Auditorium, Jalan Syeikh Baing Yusuf No. 35 Maracang Babakancikao, Purwakarta, Kamis (29/8) lalu.

Acara dibuka oleh Ketua STAI Muttaqien yang diwakili Wakil Ketua I Bidang Akademik, Kepegawaian dan Pengembangan Lembaga Siswanto, M.Sos., didampingi Wakil Ketua III Bidang Kemahasiswaan, Kerjasama dan Alumni Dede Supendi, M.Pd.

Menurut Direktur Program Pascasarjana STAI Muttaqien Prof. Dr. H. Sanusi Uwes, M.Pd., Sidang Terbuka Tesis ini merupakan salah satu syarat penyelesaian studi dan dalam rangka upaya memastikan kelayakan para calon magister untuk menyelesaikan studi dan memperoleh gelar Magister Pendidikan (M.Pd). 

"Di samping itu, Sidang Terbuka ini juga dilakukan sebagai upaya penjaminan mutu akademik lulusan," ucap Prof. Sanusi Uwes.

Untuk diketahui, sejak  2017 di STAI Muttaqien telah berdiri Program Pascasarjana berdasarkan Keputusan Dirjen Pendidikan Islam Kemenag Nomor 113 Tahun 2017 tentang Izin Penyelenggaraan Progran Studi Pendidikan Agama Islam pada Program Magister Pascasarjana.

"Adapun saat ini telah terakreditasi Baik berdasarkan Surat Keputusan Direktur Dewan Eksekutif Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi 2029/SK/BAN-PT/Ak/M/V/2023," kata Prof. Sanusi Uwes.

Disebutkannya, program pascasarjana yang adalah Program Studi Pendidikan Agama Islam dengan konsentrasi Pendidikan Agama Islam (PAI), Manajemen Lembaga Pendidikan Islam (MLPI), Bimbingan dan Konseling Islam (BKI).(add)

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua