Daerah

Vihara Sila Persada Pamanukan Sambut Imlek

CINDY DESITA PUTRI/PASUNDAN EKSPRES SAMBUT IMLEK: Pengurus Vihara Sila Persada Pamanukan saat membersihkan Vihara jelang perayaan tahun baru Imlek yang akan jatuh pada 10 Februari mendatang.

SUBANG-Tahun baru Imlek 2024 akan jatuh pada 10 Februari mendatang. Sejumlah persiapan menyambut Imlek tengah dilakukan di Vihara Sila Persada, Pamanukan, Subang. 

Persiapan yang dilakukan umat Budha dan pengurus Sila Persada di Pamanukan tak lain membersihkan dan menghias Vihara dengan pernak-pernik berwarna merah khas Imlek. 

Mereka bergotong royong membersihkan Vihara dengan menyapu halaman depan serta membersihkan alat sembahyang, altar, pelita, patung Budha dan hiasan yang ada di dalam Vihara. 

"Menjelang Imlek kami bersama-sama membersihkan halaman, ruangan Vihara, rupang Dewa serta mempersiapkan dupa-dupa," jelas Biksu Vihara Sila Persada, Fedrik Apriyanto.

Menurutnya, tahun baru Imlek merupakan hari spesial bagi Tionghoa. Untuk itu, ritual bersih-bersih dilakukan agar nantinya jemaat yang datang dapat melakukan peribadatan yang nyaman dan khusyuk. 

"Maknanya adalah membersihkan diri kita dan para jemaat dalam menyambut tahun baru Imlek. Tidak ada yang berbeda sebagaiana Vihara Sila Persada menyambut Imlek setiap tahunnya," terangnya. 

Selain melakukan ritual pembersihan, pengurus Vihara juga memasang puluhan lampion dan ornamen Imlek seperti lilin-lilin yang akan menyala terus hingga Cap Go Meh nanti. 

Diketahui, tahun baru Imlek 2024 merupakan pergantian shio Kelinci ke shio Naga Kayu yang melambangkan kekuatan, kemakmuran, keberuntungan, kehormatan hingga kesuksesan.(cdp/ysp) 

Berita Terkait