Daerah

Perangkat Desa Margahayu Keliling 30 KM Batas Desa

Desa Margahayu
Kepala Desa Margahayu H. Main Permana bersama perangkat desa saat hendak keliling batas desa jelang Ruwat Bumi, Sabtu (5/10).(Dadan Ramdan/Pasundan Ekspres)

SUBANG-Gelaran Ruwat Bumi Pemdes Margahayu Kecamatan Pagaden Barat masih satu pekan lagi, namun segala persiapan dan kegiatan sudah dilaksanakan oleh panita dan pemdes. Karena rencananya akan menggelar Wayang Golek Ki Dalang Dadan Sunandar Sunarya dari Kota Bandung.

Mengawali agenda Ruwat Bumi itu, jajaran perangkat desa serta lembaga desa, mengadakan long march keliling batas desa selama 3,5 jam dengan panjang batas desa sekitar 30 km lebih.

Tokoh masyarakat Desa Margahayu Bah Unang menyampaikan bahwa, tradisi keliling tapal batas desa tersebut, selalu dilaksanakan oleh perangkat desa, hal untuk mengetahui batas  desa dengan desa lain. Di mana Desa Munjul berbatasan langsung dengan Desa Munjul, Pangsor, Cidadap dan Bendungan. "Ya sudah tradisi juga, kalau mau ruwatan bumi, selalu ada kegiatan keliling batas desa, jadi sama sama tradisi," katanya

Kepala Desa Margahayu H Main Permana mengatakan, Ruwatan Bumi kali ini, akan diisi oleh pagelaran seni wayang golek Ki Dalang Dadan Sunandar Sunarya Giri Harja 3 Bandung. Panitia pun sudah mempersiapkan gelaran itu jauh jauh hari, termasuk pemetaan panggung, penonton dan area pedagang nanti. "Semua nya sudah diatur oleh panitia pelaksana, mudah mudahan lancar dan aman," tuturnya.

Panitia Pelaksana Ruwat Bumi TotoTaufik yang juga Ketua BPD Desa Margahayu menyampaikan, bahwa sebelum gelaran wayang golek yang diagendakan 12  Oktober nanti, ada arak arakan warga masyarakat dari setiap.RW membawa aneka hasil.bumi juga kreasi seni. "Pagi hingga siang hari ada arak arakan, malam hari nya baru pagelaran wayang golek," tukasnya.(dan/sep)

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua