Daerah

SMPN 2 Pabuaran Sukses Gelar Karya P5

SMPN 2 Pabuaran
Para guru dan siswa SMPN 2 Pabuaran saat mengadakan Gelar Karya Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5).(Cindy Desita Putri/Pasundan Ekspres)

SUBANG-SMPN 2 Pabuaran mengadakan kegiatan Gelar Karya Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan tema "Bangunlah Jiwa dan Raganya". 

Kepala Sekolah SMPN 2 Pabuaran, Drs. Jakaria menjelaskan, kegiatan ini merupakan puncak dari rangkaian tahapan pembelajaran yang telah berlangsung melalui empat fase yakni orientasi, kontekstualisasi, aksi nyata, dan refleksi. "Berbagai karya inovatif dari siswa dipamerkan pada acara ini. Karya yang ditampilkan ini meliputi pidato, penayangan film pendek, hingga pameran poster, infografis, dan dokumentasi hasil proyek yang mereka kerjakan," jelasnya.

Dia mengatakan, setiap karya dievaluasi oleh tim koordinator proyek, dan tiga karya terbaik dipilih sebagai pemenang yang bertujuan memberikan ruang bagi siswa untuk mengembangkan kemampuan. "Salah satu tujuan dari P5 adalah memberikan ruang bagi siswa untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis, menganalisis, serta mengevaluasi berbagai permasalahan di lingkungan sekitar dan mencari solusinya," kata Jakaria.

Menurutnya, kegiatan ini dapat membantu siswa dalam menguatkan karakter dan kreativitas sesuai dengan 6 dimensi Profil Pelajar Pancasila, yaitu Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME serta berakhlak mulia, Mandiri, Gotong royong, Berkebinekaan global, Bernalar kritis, dan Kreatif.

Sementara itu, Wakasek Kurikulum, Yudhistira menyampaikan apresiasinya kepada semua pihak yang terlibat. "Kegiatan ini tidak akan terlaksana tanpa dukungan dari semua pihak. Terima kasih kepada Puskesmas, Babinsa, serta seluruh warga sekolah yang telah bekerja keras, khususnya koordinator tema dan fasilitator," terangnya.

Dia berharap, Gelar Karya P5 ini menjadi salah satu wujud nyata dari upaya SMPN 2 Pabuaran dalam mencetak generasi muda yang berkarakter, berinovasi, dan mampu menghadapi tantangan zaman dengan semangat jiwa dan raga yang kuat, sesuai dengan semangat Pelajar Pancasila.(cdp/sep)

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua