Daerah

Resmi Dilantik, 51 Anggota Panwascam Siap Awasi Pilkada Purwakarta

Pilkada Panwascam
Sebanyak 51 anggota Panwascam resmi dilantik dan siap bertugas di Pilkada 2024.

PASUNDAN EKSPRES -Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Purwakarta, melantik 51 anggota Pengawas Pemilu Kecamatan (Panswacam) yang akan bertugas pada Pilkada 2024 mendatang, Jumat (24/5).

Berlangsung di Aula Yudhistira, Prime Plaza Hotel, Kecamatan Bungursari, Kabupaten Purwakarta, ke-51 Panwascam tersebut nantinya akan bertugas di 17 kecamatan yang ada di Kabupaten Purwakarta.

Ketua Bawaslu Purwakarta Yusup Suprianto menyebutkan, dari puluhan Panwascam yang dilantik, hanya ada satu orang petugas yang merupakan hasil dari rekrutmen baru.

"Satu orang petugas baru, sisanya sebanyak 50 orang itu merupakan eksisting atau anggota yang pernah bertugas pada Pemilu 2024 kemarin," kata Yusup kepada wartawan.

Setiap kecamatan, lanjut Yusup, akan diisi oleh tiga orang petugas Panwascam. "Jadi masing-masih kecamatan itu ada tiga orang petugas Panwascam," ujarnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, ke-51 orang yang dilantik ini akan terlebih dahulu dibekali dengan bimbingan teknis terkait aturan Pilkada 2024 selama dua hari.

"Setelah itu, mereka akan langsung bertugas melakukan pengawasan tahapan Pilkada 2024, khususnya untuk pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat serta Bupati dan Wakil Bupati Purwakarta," ucap Yusup.

Dirinya berharap, ke-51 anggota Panwascam yang dilantik ini dapat menjaga netralitasnya selamat bertugas di Pilkada 2024.

"Diharapkan para petugas ini bisa melakukan pencegahan hingga penindakan terhadap pelanggaran pemilu dan bisa menjaga netralitasnya," kata Yusup.(add)

Berita Terkait