Daerah

Komite Ekraf dan Pemdes Situ Gali Potensi Desa Kreatif

Komite Ekraf Kabupaten Purwakarta
Komite Ekraf Kabupaten Purwakarta bersama Pemdes Situ sukses menggelar event Ruang Riung Ceriang di Selter Japri Ceria Desa Situ guna menggali potensi menuju Desa Kreatif.

PURWAKARTA-Komite Ekonomi Kreatif (Ekraf) Kabupaten Purwakarta bersama Pemerintahan Desa (Pemdes) Situ, Kecamatan Pondoksalam, Kabupaten Purwakarta sukses menggelar event Ruang Riung Ceriang dengan tagline "Suara Kreatif Desa Situ" di Selter Japri Ceria Desa Situ, belum lama ini.

Ketua Komite Ekonomi Kreatif Kabupaten Purwakarta Hadi Albulaqi menuturkan, kegiatan ini adalah bentuk dari semangat kolaborasi seluruh elemen masyarakat Desa Situ bersama Komite Ekraf untuk meningkatkan potensi dan membangun Desa Kreatif ke depan.

"Kegiatan ini berjalan dengan sangat menyenangkan, karena dinikmati seluruh pengunjung dengan aktivitas yang seru," kata Hadi kepada wartawan, Senin (12/8). 

Kegiatan diawali dengan penampilan lengser oleh sanggar setempat yang dilanjutkan dengan penanaman pohon, penampilan orkestra dari Kindi Music hingga melukis di media pot oleh influencer dan masyarakat.

"Ada juga pertunjukan jaipong, pentas anak-anak kecil hingga ibu-ibu, malam puisi hingga pemutaran film karya anak-anak muda Desa Situ serta komunitas pena dan lensa," ujar Hadi.

Dirinya berharap kegiatan ini menjadi motivasi untuk semua dalam mengembangkan potensi diri dan lingkungan. "Terlebih, di area Selter Japri Ceria Desa Situ memiliki keindahan alam yang bagus dan ekosistem masyarakat yang produktif, sehingga sangat berpotensi untuk dijadikan kawasan Desa Kreatif ke depannya," ucap Hadi. 

Sementara itu, Kepala Desa Situ Asep Indra menyampaikan apresiasinya kepada Komite Ekraf yang telah membawa ide dan gerakan yang bagus. Japri Ceria, kata dia, merupakan tonggak awal perubahan arah pengembangan dan pembangunan Desa Situ. 

"Cita-cita menuju Desa Situ sebagai Desa Wisata Kreatif bukan harapan semata, tapi jadi roadmap bersama semua stakeholder yang ada. Kami sebagai pemerintahan desa akan terus mendukung dari berbagai sisi," katanya. 

Asep Indra juga mengajak semua pihaak untuk menggali segala potensi lokal yang ada, di antaranya melalui kolaborasi dengan berbagai pihak. "Baik dari Pemda Purwakarta, OPD terkait, swasta maupun praktisi pariwisata dan ekonomi kreatif. Semoga upaya kita ini bisa memajukan Desa Situ ke depannya," ujar Asep Indra.(add)

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua