Daerah

KPU Purwakarta Siapkan Seremoni Peluncuran Pilkada 2024

KPU Purwakarta
KPU Purwakarta siap menggelar seremoni peluncuran Pilkada 2024 pada Ahad (9/6) mendatang.(Adam Sumarto/Pasundan Ekspres)

PURWAKARTA-Divisi Data dan Informasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Purwakarta Iip Saripudin mengatakan, jumlah data pemilih sesuai daftar pemilih tetap (DPT) yang didaftarkan ke Kementerian Dalam Negeri sebanyak 738.583 orang.

Data tersebut sudah dipetakan di 183 desa dan sembilan kelurahan yang tersebar di 17 kecamatan di Kabupaten Purwakarta, termasuk jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang nantinya digunakan pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Adapun jumlah DPT dan TPS untuk Pilkada 2024 didapat usai bimbingan teknis KPU Kabupaten Purwakarta yang membahas soal pemutakhiran data pemilih bersama Panita Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) di Ballroom Jatiluhur Valley Resort pada 30 - 31 Mei 2024 lalu. "Tapi data itu belum final karena masih akan dirapikan dan pencocokan di lapangan oleh panitia pemutakhiran data pemilih atau pantarlih hasil pemetaan sekarang," ujar Iip kepada wartawan, Kamis (5/6).

Mengenai jumlah TPS untuk Pilkada 2024, lanjut Iip ada penurunan sekitar 52 persen jika dibandingkan pada pemilu kemarin. Sebab, berdasarkan arahan dari KPU RI melalui KPU Provinsi Jawa Barat untuk kabupaten atau kota, jumlah pemilih per TPS untuk Pilkada 2024 di atas 500 sampai maksimal 600 orang. "Jumlah TPS pada pemilu kemarin itu sebanyak 2.693, untuk pilkada sekitar 1.421 TPS. Ada penurunan sebanyak 1.272 TPS," kata Iip.

KPU juga melakukan rapat bersama Forkopimda Purwakarta menjelang pelaksanaan pemilihan kepala daerah atau Pilkada 2024 di Kantor KPU Purwakarta, Jalan Flamboyan, Rabu (5/6).

Divisi Sosialisasi dan SDM KPU Purwakarta Oyang Este Binos mengatakan, pihaknya bakal menggelar peluncuran pilkada Purwakarta di Taman Surawisesa, Situ Buleud Purwakarta pada Ahad (9/6). "Jadi nanti ada dua agenda, yakni jalan bersama dari Bale Madukara hingga Taman Surawisesa. Kemudian dilanjut dengan peluncuran pelaksanaan pemilihan bupati dan wakil bupati Purwakarta 2024 di Taman Surawisesa," ujar Binos kepada wartawan.

Selain itu, pada agenda tersebut, dirinya mengatakan, KPU Purwakarta juga akan meluncurkan maskot hingga jinggle untuk Pilkada 2024 di Kabupaten Purwakarta. "Untuk maskot berbeda dari 2018, tapi masih menjadi karakteristik wilayah Kabupaten Purwakarta. Kemudian untuk jinggle juga hasil karya orang Purwakarta asli dengan judul Maju Purwakarta oleh Yudiansyah."

"Keduanya akan kami umumkan pada peluncurannya 9 Juni 2024 mendatang di Taman Surawisesa. Baik maskot dan jinggle merupakan hasil sayembara," ujar Binos.

Peluncuran tersebut, kata Binos, akan dimeriahkan oleh Utopia dan Kuburan Band. "Terbuka untuk umum, masyarakat bisa hadir ke Taman Surawisesa, Kawasan Situ Buleud Purwakarta sejak pagi. Nanti ada doorprize juga untuk masyarakat," ucapnya.(add/sep)

Berita Terkait