Daerah

HAN 2024, Pj Bupati Purwakarta: Anak-anak Adalah Harapan dan Masa Depan Bangsa

Pj Bupati Purwakarta
Pj Bupati Purwakarta Benni Irwan memaknai Hari Anak Nasional 2024 dengan menyebut bahwa anak-anak adalah harapan dan masa depan bangsa.(Adam Sumarto/Pasundan Ekspres)

PURWAKARTA-Penjabat (Pj) Bupati Purwakarta Benni Irwan menghadiri sekaligus membuka puncak peringatan Hari Anak Nasional (HAN) ke-40 Tingkat Kabupaten Purwakarta, di Bale Sawala Yudistira, Kompleks Pemda Purwakarta, Selasa (23/7).

Berdasarkan pedoman HAN 2024, secara nasional peringatan HAN ke-40 ini mengusung tema “Anak Terlindungi, Indonesia Maju” dengan subtema “Suara Anak Membangun Bangsa”, dan tagline “Bergembira bersama Presiden dan Ibu Negara”.

"Tema ini mengingatkan pentingnya perlindungan dan pemenuhan hak-hak anak sebagai pondasi utama dalam membangun bangsa yang kuat dan berdaya saing. Anak-anak adalah aset yang paling berharga bagi bangsa ini," kata Benni dalam sambutannya.

Disebutkan Benni, anak-anak adalah generasi penerus yang akan melanjutkan perjuangan memajukan Indonesia. Oleh karena itu, sambungnya, melindungi hak-hak anak, memberikan pendidikan yang layak, dan memastikan tumbuh kembangnya secara optimal adalah tanggung jawab bersama. 

"Setiap anak Indonesia harus mendapatkan perlindungan dari segala bentuk kekerasan, diskriminasi dan eksploitasi. Hanya dengan cara inilah kita bisa membangun pondasi yang kuat bagi masa depan bangsa Indonesia," ujar Benni. 

Melalui berbagai program dan inisiatif yang telah dan akan dilaksanakan, lanjutnya, diharapkan dapat menciptakan generasi muda yang sehat, cerdas, berkarakter dan siap bersaing di kancah global.

"Kami berharap anak-anak Indonesia tidak hanya terlindungi secara fisik, tapi juga memiliki kesempatan yang sama untuk berkembang secara akademis, emosional dan sosial. Peran kita sebagai orang tua, pendidik, pemimpin, maupun anggota masyarakat sangatlah penting dalam upaya ini," ucapnya.

Benni juga mengajak semua pihak untuk bergandeng tangan dan bekerja sama serta saling mendukung dalam menciptakan lingkungan yang kondusif bagi anak-anak.

"Mari kita jaga anak-anak dengan memberikan kasih sayang, pendidikan yang baik, dan teladan yang positif, kita harus berkomitmen untuk menghargai dan mengakui peran penting anak-anak dalam pembangunan bangsa," katanya.

Lebih lanjut dirinya mengatakan, Pemkab Purwakarta saat ini terus berupaya mewujudkan kabupaten layak anak sebagaimana menjadi program pemerintah pusat. Upaya untuk memenuhi hak anak pun terus digelorakan, baik di bidang pendidikan, kemasyarakatan, maupun oleh pemimpin pemerintahan di setiap levelnya.

"Saya ingin menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh pihak yang telah berperan aktif dalam upaya perlindungan anak di Kabupaten Purwakarta tercinta ini," ujar Benni.

Khusus kepada anak-anak, Benni berpesan untuk terus semangat dalam belajar, berani bermimpi dan pantang menyerah. "Kalian adalah harapan bangsa dan masa depan Indonesia ada di tangan kalian," ucapnya.(add/ded)

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua