Daerah

Polisi dan ASN di Polres Purwakarta Dites Urine, Ini Alasannya

Polres Purwakarta
Pelaksanaan tes urine yang dilakukan terhadap anggota Polres Purwakarta usai apel pagi, Kamis (15/8).

PURWAKARTA-Kapolres Purwakarta AKBP Lilik Ardiansyah memimpin langsung pelaksanaan tes urine terhadap seluruh anggota Polres Purwakarta usai apel pagi, Kamis (15/8). 

Tes urine yang dilakukan secara mendadak ini sebagai upaya antisipasi serta deteksi dini penyalahgunaan narkoba di lingkungan Polres Purwakarta.

"Pelaksanaan tes urine ini merupakan bagian dari penegakan ketertiban dan disiplin yang rutin dilakukan terhadap para personel di Polres Purwakarta," kata Lilik kepada wartawan. 

Disebutkannya, pelaksanaan tes urine tersebut melibatkan Satuan Reserse Narkoba dan Urusan Kesehatan Polres Purwakarta. Adapun tes urine dilakukan terhadap 158 personel Polres Purwakarta.

"Pelaksanaan tes urine ini juga sebagai upaya pengawasan internal guna mengantisipasi penyalahgunaan narkoba oleh anggota Polri maupun ASN di lingkungan Polres Purwakarta," ujarnya. 

Lilik pun bersyukur karena selama kegiatan tes urine berlangsung dan diikuti seluruh jajarannya, tidak ditemukan adanya pelanggaran atau penyalahgunaan narkoba oleh anggota Polres Purwakarta.

“Tes urine ini juga bertujuan untuk meningkatkan kedisiplinan anggota dan sebagai pembinaan. Termasuk pengamanan internal tentang peraturan disiplin anggota Polri,” ucap Lilik.

Menurut Lilik, penegakan ketertiban dan disiplin anggota Polres Purwakarta terhadap anggota Polri di lingkungan Polres Purwakarta akan terus dilaksanakan secara berkala. Sehingga, setiap anggota selalu dalam keadaan siap siaga.

“Kepada seluruh anggota saya tekankan untuk menghindari penyalahgunaan narkoba. Saya tegaskan lagi tidak ada toleransi bilamana didapati anggota yang terbukti menggunakan narkoba,” kata Lilik tegas. 

Dirinya menekankan, seluruh personel Polres Purwakarta agar mematuhi aturan yang mengikat sebagai anggota Polri, jangan berbuat kesalahan yang dapat merusak institusi Polri.

"Kami tidak akan menutup nutupi, jika ada anggota yang terlibat narkoba maka akan kami proses. Kami imbau kepada seluruh anggota Polres Purwakarta dan Polsek jajaran untuk tidak main-main dengan barang terlarang itu," ujar Lilik.

Sementara, Kasi Propam Polres Purwakarta, AKP Atik Sakron menambahkan, penegakan ketertiban dan disiplin yang digelar tersebut di antaranya sikap tampang personel, seragam dinas Polri (gampol), identitas diri, kelengkapan surat-surat kendaraan, hingga tes urine. 

"Sebagai mana arahan Pak Kapolres Purwakarta, tes urine dilakukan sebagai upaya pengawasan internal untuk mencapai anggota zero narkoba, serta mencegah pelanggaran personel dalam pelaksanaan tugas dan kehidupan sehari-hari," ucapnya.(add)

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua