Daerah

Kapolri Hadiri Peletakan Batu Pertama Pembangunan Gedung Pusdiklat KSPSI ATUC di Jatiluhur

Gedung Pusdiklat KSPSI ATUC di Jatiluhur
Kapolri, Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo saat melakukan prosesi peletakan batu pertama pembangunan gedung Pusdiklat Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Asean Trade Union Council (KSPSI ATUC).(Adam Sumarto/Pasundan Ekspres)

PURWAKARTA-Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo berkunjung ke Kawasan Waduk Jatiluhur, Kecamatan Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta, Rabu (7/8).

Kunjungan kerja Kapolri tersebut dalam rangka peletakan batu pertama pembangunan gedung Pusdiklat Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Asean Trade Union Council (KSPSI ATUC). Turut mendampingi Presiden DPP KSPSI, Andi Gani Nena Wea. 

Dikonfirmasi terkait kunjungan tersebut, Kasi Humas Polres Purwakarta AKP Enjang Sukandi mengatakan, Kapolri beserta rombongan datang menggunakan helikopter dan mendarat di helipad yang ada di PT. Win Tekstil Jatiluhur. 

Setelah mendarat, lanjut Enjang, Kapolri bersama rombongan langsung menuju pembangunan gedung pusdiklat KSPSI ATUC yang ada di Kampung Sukahurip, Desa Jatiluhur, Kecamatan Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta. 

"Kunjungan kerja Bapak Kapolri tersebut dilaksanakan dalam rangka seremonial tanda dimulainya pembangunan pusdiklat yang nantinya akan difungsikan sebagai tempat pelatihan dan pendidikan serikat pekerja yang tergabung dalam KSPSI di Jatiluhur," kata Enjang kepada wartawan.

Menurutnya, Gedung Pusdiklat KSPSI di desain lima lantai yang terdiri atas kelas pelatihan, perpustakaan digital, ruang olahraga dan mushola.

"Berdasarkan informasi yang kami terima, gedung Pusdiklat KSPSI merupakan tempat pelatihan dan pendidikan terbesar yang ada di Asia Tenggara," ujarnya. 

Dalam sambutan Kapolri, kata Enjang, Polri akan mendukung dan mengawal proses pembangunan pusdiklat KSPSI agar dapat tepat waktu sesuai yang direncanakan.

"Bapak Kapolri berharap, semoga dengan adanya Pusdiklat KSPSI, dapat menjadi tempat memperjuangkan hak-hak buruh dan lapangan pekerjaan semakin bertambah. Serta Dapat menghasilkan ide atau pandangan untuk buruh yang semakin sejahtera," ucap Enjang. 

Diketahui, rencananya proses pembangunan gedung tersebut akan dilaksanakan selama 14 bulan dengan dana dari hasil Swadaya anggota KSPSI di Jawa Barat.

Bahwa hasil rapat DPP KSPSI, akan ada 1 auditorium dalam Gedung Pusdiklat KSPSI yang akan diberinama Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Rencananya, peresmian Pusdiklat KSPSI akan dilaksanakan pada Desember 2025.(add)

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua