Daerah

Monitoring Ternak Bantuan, Pj Bupati Purwakarta Apresiasi Aplikasi Cekatan

Pj Bupati Purwakarta
Pj Bupati Purwakarta Benni Irwan melakukan kunjungan monitoring ternak domba bantuan di Kecamatan Pasawahan, Wanayasa, dan Pondoksalam guna mengevaluasi perkembangan program bantuan ternak di ketiga wilayah tersebut. (Adam Sumarto/Pasundan Ekspres)

PURWAKARTA-Penjabat (Pj) Bupati Purwakarta Benni Irwan melakukan kunjungan monitoring ternak domba bantuan di Kecamatan Pasawahan, Wanayasa, dan Pondoksalam guna mengevaluasi perkembangan program bantuan ternak di ketiga wilayah tersebut.

Tampak Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan (Disnakkan) Kabupaten Purwakarta Siti Ida Hamidah serta tim dan perwakilan dari unsur kecamatan dan desa setempat mendampingi Pj Bupati selama kunjungannya.

Dalam kesempatan itu, Pj Bupati menyampaikan dukungannya terhadap aksi perubahan melalui aplikasi Cekatan yang dipelopori Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner Wini Karmila. 

Untuk diketahui, Wini Karmila saat ini tengah mengikuti Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) yang diselenggarakan oleh Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia  (BPSDM) Provinsi Jawa Barat.

Adapun, tema materi ujinya adalah "Optimalisasi Pelayanan Kesehatan Masyarakat Veteriner melalui Pengembangan Fitur Aplikasi Cekatan di Kabupaten Purwakarta". 

"Kami berkomitmen untuk mendukung setiap upaya yang bertujuan guna meningkatkan kesehatan masyarakat veteriner di Kabupaten Purwakarta," kata Pj Bupati saat dikonfirmasi wartawan, Kamis (17/10).

Senada, Siti Ida Hamidah menjelaskan terkait aplikasi Cekatan yang diluncurkan Disnakkan Purwakarta guna mempermudah akses masyarakat terhadap layanan kesehatan hewan. 

"Kata Cekatan merupakan akronim dari Cek Kesehatan Ternak dan Hewan. Aplikasi Cekatan ini sebagai solusi inovatif untuk layanan konsultasi kesehatan hewan," ujar Ida Hamidah.

Dijelaskannya, aplikasi Cekatan dapat diakses secara gratis melalui website Dinas Perikanan dan Peternakan Purwakarta. Aplikasi ini dirancang untuk memudahkan konsultasi antara peternak atau pemilik hewan dengan dokter hewan. 

"Aplikasi ini juga menyediakan informasi tentang penyakit hewan menular atau zoonosis serta pelaksanaan kesehatan hewan dan kesehatan masyarakat veteriner di daerah," ucapnya. 

Dengan aplikasi Cekatan ini, pihaknya ingin memastikan bahwa peternak dapat mengatasi masalah kesehatan hewan dan kesehatan masyarakat veteriner.(add)

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua