Daerah

Melalui Live In, SDIT Al-Furqon Subang Bangun Karakter Kemandirian Siswa

SDIT Al-Furqon Sukajadi
SDIT Al-Furqon Sukajadi saat menggelar kegiatan Live In di Purwakarta, membangun karakter dan kemandirian siswa.(Hadi Martadinata/Pasundan Ekspres)

SUBANG-SDIT Al-Furqon Sukajadi baru-baru ini menggelar kegiatan Live In, yang merupakan bagian dari Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) berjenjang bagi siswa kelas 5. Kegiatan yang berlangsung di Kampung Tajur, Desa Pasanggrahan, Kecamatan Bojong, Purwakarta ini diikuti oleh 38 siswa bersama 8 guru pendamping selama 4 hari 3 malam.

Menurut Hj. Neni Nurjanah, Kepala Sekolah SDIT Al-Furqon Sukajadi, LDK ini terdiri dari empat tahap yang wajib diikuti siswa di setiap jenjang kelas. Tahap pertama adalah Mabit (Malam Bina Iman dan Taqwa) untuk siswa kelas 1 dan 2 yang dilakukan di sekolah. 

Tahap kedua berupa kegiatan Camping untuk siswa kelas 3 di sekitar lingkungan sekolah. Tahap ketiga adalah Supercamp untuk kelas 4 yang diselenggarakan di luar kecamatan. Sedangkan, tahap keempat adalah kegiatan Live In untuk kelas 5, yang diselenggarakan di luar kabupaten atau provinsi. 

"Tujuan dari kegiatan ini adalah agar siswa dapat mengenal alam dan masyarakat yang masih memegang tradisi dan budaya, belajar berinteraksi langsung dengan masyarakat, serta belajar lebih mandiri dan bertanggung jawab. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan kepekaan sosial, ketahanan (hardiness), dan kemampuan resiliensi siswa, yaitu kemampuan untuk beradaptasi serta membentuk karakter positif," ujar Hj. Neni Kepada Pasundan Ekspres Rabu, (11/9).

Selama kegiatan, para siswa terlibat dalam berbagai aktivitas yang dirancang untuk membangun keterampilan hidup dan kepemimpinan. Aktivitas-aktivitas tersebut meliputi life skill, observasi, kunjungan edukatif, social project, tracking, hingga bakti sosial kepada masyarakat setempat.

Neni berharap kegiatan seperti ini, diharapkan para siswa tidak hanya mendapatkan pengalaman belajar di luar kelas, tetapi juga mampu mengasah keterampilan sosial dan kepemimpinan mereka di lingkungan masyarakat yang berbeda.(hdi/sep)

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua