Daerah

Seleksi Mandiri Jalur Prestasi POLSUB Dibanjiri Peminat

Peserta Seleksi Mandiri Jalur Prestasi POLSUB Subang Dibanjiri Peminat
Peserta Seleksi Mandiri Jalur Prestasi POLSUB Subang Dibanjiri Peminat (Dok Istimewa)

PASUNDAN EKSPRES - Penerimaan Mahasiswa Baru Politeknik Negeri Subang (POLSUB) Seleksi Mandiri Jalur Prestasi dibanjiri peminat pada Rabu, 03 Juli 2024. 

Proses seleksi yang berlangsung di Kampus Ciereng tersebut berlangsung ketat. Para peserta saling  menunjukkan prestasi mereka kepada para pewawancara, baik dalam bidang akademik maupun non akademik.

Kegiatan yang merupakan rangkaian Seleksi Mandiri POLSUB tersebut merupakan upaya POLSUB dalam menjaring calon mahasiswa berdasarkan prestasi mereka selama di SMA / MA / SMK.

"Seleksi ini kami fokuskan kepada pemberian penghargaan kepada peserta atas kesuksesan pembelajaran selama di sekolah. Sehingga, calon mahasiswa baru nantinya terdorong untuk berprestasi ketika masuk POLSUB," jelas Wiwik Endah Rahayu, Wakil Direktur Bidang Akademik dan Kemahasiswaan.

Selain itu, Wiwik juga mengungkapkan bahwa dengan adanya penjaringan mahasiswa berdasarkan prestasi tersebut, para mahasiswa bisa mengembangkan minat dan bakat mereka ketika di kampus nanti. 

"Dengan adanya jalur prestasi ini, para calon mahasiswa diharapkan akan terdorong untuk mengeksplorasi minat dan bakatnya secara lebih mendalam," harap Wiwik. 

Bahkan, para peserta Seleksi Mandiri Jalur Prestasi tahun ini mencapai 45 peserta dari berbagai sekolah, baik di Subang maupun luar Subang.

"Perkembangan peminat tahun ini sangat pesat dibanding tahun lalu. Ini menunjukkan bahwa minat calon mahasiswa untuk melanjutkan kuliah di POLSUB semakian banyak," kata Wardah Fauziah, Koordinator Seleksi Mandiri POLSUB.

Wardah juga menambahkan bahwa para peserta yang mendaftar merupakan para lulusan-lulusan terbaik dari berbagai sekolah, hal ini dikarenakan syarat yang harus dipanuhi oleh para pendaftar adalah harus memiliki sertifikat prestasi selama di sekolah.

"Penilaian mahasiswa berprestasi dilakukan berdasarkan nilai raport, sertifikat UTBK ketika ikut SNBT, dan juga sertifikat prestasi atau juara," ucap Wardah.

Sehingga, para pendaftar yang ingin menjadi mahasiswa POLSUB benar - benar calon mahasiswa pilihan yang dipilih berdasarkan prestasi.

"Kami ingin para mahasiswa yang masuk ke POLSUB adalah benar-benar mahasiswa yang memiliki hard skills atau soft skills dalam bidang akademik maupun non akademik," harap Dosen Jurusan Kesehatan tersebut. (nsa)

Berita Terkait