Daerah

Peringatan hari Perawat Se-Dunia, Tak Hanya Fisik, Peran Perawat Beri Dukungan Emosional dan Psikologis

hari Perawat Se-Dunia
MALDIANSYAH/PASUNDAN EKSPRES PERAWAT: Peringatan hari Perawat Se-Dunia atau Internasional Nurse Day (IND) tingkat Jawa Barat dipusatkan di Kabupaten Purwakarta, Minggu, (12/5) kemarin.

PURWAKARTA-Peringatan hari Perawat Se-Dunia atau Internasional Nurse Day (IND) tingkat Jawa Barat dipusatkan di Kabupaten Purwakarta, Minggu, (12/5) kemarin. 

Hari Perawat Internasional merupakan momen penting di mana masyarakat dunia secara bersama-sama menghormati dan mengapresiasi kontribusi luar biasa yang diberikan oleh para perawat dalam bidang kesehatan. Untuk tahun 2024 ini, bertama 'Our Nurse, Our Future, The Economic Power Of Care' atau 'Perawat Kita. Masa Depan Kita. Kekuatan Ekonomi dari Kepedulian'. 

Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) Persatuan Perawat Nasional Iindonesia (PPNI) Kabupaten Purwakarta, Ende Igit Sugito, mengatakan peringatan yang digelar setiap tanggal 12 Mei ini, tidak hanya menjadi kesempatan untuk mengakui dedikasi mereka dalam memberikan perawatan yang berkualitas kepada pasien, tetapi juga untuk menyoroti tantangan yang dihadapi oleh profesi perawat. "Alhamdulillah untuk peringatan IDN tahun 2024 tingkat Jawa Barat ini dipusatkan di Kabupaten Purwakarta yang dibuka langsung oleh Ketua DPW PPNI Propinsi Jawa Barat, Dr.Budiman, kemudian dilanjutkan d saatngan lomba Futsal, cerdas cernat antar DPD serta Seminar Nasional dan Internasional Keperawatan," jelas Ende, pada Selasa, (13/5).

Ia menyebut, tahun 2024 ini, International Council of Nurses (ICN) telah menetapkan tema 'Perawat Kita. Masa Depan Kita. Kekuatan Ekonomi dari Kepedulian' untuk merayakan peran penting perawat dalam pembangunan masa depan yang lebih baik. "Tema tersebut mencerminkan harapan besar untuk kemajuan dunia keperawatan. Meskipun sering menjadi tulang punggung dalam layanan kesehatan, profesi keperawatan sering dihadapkan pada tantangan finansial dan kurangnya penghargaan yang memadai dari masyarakat," ungkapnya. 

Ende menambahkan, peran perawat tidak hanya sebatas memberikan perawatan fisik, tetapi juga memberikan dukungan emosional dan psikologis kepada pasien. Perawat sering kali menjadi tempat curhat dan pendengar bagi pasien yang sedang dalam kondisi yang sulit. "Perawat memiliki peran yang sangat penting dalam sistem pelayanan kesehatan. Mereka merupakan garda terdepan dalam memberikan perawatan kepada pasien, mulai dari memberikan obat-obatan, memantau kondisi pasien, hingga memberikan dukungan emosional," jelasnya.(mas/sep)

Berita Terkait