Daerah

17 Komunitas Otomotif Lestarikan Lingkungan di Jatiluhur, Dalam Rangka Peringatan HUT RI Ke-79

Satpolairud Polres Purwakarta
Sebanyak 17 komunitas otomotif bekerja sama dengan Satpolairud Polres Purwakarta menggelar berbagai kegiatan sosial dalam rangka memeriahkan HUT ke-79 RI di Camp X Waduk Jatiluhur, Purwakarta.(Adam Sumarto/Pasundan Ekspres)

PURWAKARTA-Sebanyak 17 komunitas otomotif bekerja sama dengan Satpolairud Polres Purwakarta menggelar berbagai kegiatan sosial dalam rangka memeriahkan HUT ke-79 Republik Indonesia, akhir pekan kemarin.

Berlokasi di Camp X Waduk Jatiluhur, Purwakarta, kegiatan sosial tersebut di antaranya berupa pelepasan 2.024 bibit ikan lokal di Waduk Jatiluhur serta donasi 79 buku edukasi ke Perpustakaan Terapung Polres Purwakarta.

Tak hanya di Jatiluhur Purwakarta, ke-17 komunitas otomotif ini juga menanam 1.945 pohon Mangrove di Pantai Ciparage, Karawang, Jawa Barat.

Kapolres Purwakarta AKBP Lilik Ardhiansyah melalui Kasat Polairud Polres Purwakarta AKP Darmaji mengapresiasi kegiatan sosial yang dilaksanakan ke-17 komunitas otomotif tersebut.

"Sesuai arahan Pak Kapolres, kami menyambut baik kegiatan positif teman-teman komunitas otomotif ini. Kami selalu mendukung setiap kegiatan positif seperti ini. Terlebih kegiatan ini sejalan dengan program unggulan Kapolres yaitu HADE alias Humanis, Antisipasif, Dedukatif, Etika," kata Darmaji saat dikonfirmasi, Senin (2/9).

Kegiatan positif ini, sambungnya, sangat bermanfaat bagi warga sekitar, terutama bagi nelayan dan anak anak di Waduk Jatiluhur yang kerap memanfaatkan keberadaan perpustakaan terapung.

"Donasi buku semakin menambah koleksi Perpustakaan Terapung Polres Purwakarta. Insyaallah dapat mengembangkan wawasan anak-anak di sekitar waduk Jatiluhur agar menjadi anak-anak yang hebat di masa yang akan datang," ujarnya.

Disebutkannya, donasi yang diberikan teman-teman komunitas dan sponsor mudah-mudahan menjadi ladang ibadah untuk semua. "Kegiatan ini juga dapat mengangkat sektor pariwisata di sekitar Waduk Jatiluhur yang mulai berbenah untuk selalu menjadi destinasi wisata unggulan di Purwakata," ucap Darmaji.

Ketua Panitia Kegiatan, Nandang Sugianto yang juga Ketua Umum Toyota Sienta Community Indonesia (TOSCA) mengatakan, konsep acara ini mempunyai makna 17 komunitas melambangkan tanggal kemerdekaan.

Kemudian, 8 pabrikan mobil melambangkan bulan kemerdekaan serta 1.945 batang bibit mangrove melambangkan tahun kemerdekaan. Adapun, 2.024 bibit ikan lokal melambangkan tahun saat ini, dan 79 buku bacaan edukasi melambangkan jumlah tahun kemerdekaan Republik Indonesia sejak 1945.

"Kegiatan kali ini dihadiri oleh 200 peserta dari 17 komunitas otomotif. Acara ini pun diisi dengan hiburan, doorprize, dan games yang menambah keseruan bagi seluruh peserta yang hadir," kata Nandang.

Senada disampaikan Om Dudu selaku Ketua Umum Komunitas Toyota Calya Indonesia (KTCI). Dirinya sangat mengapresiasi semangat kolaborasi dari 17 komunitas otomotif beserta jajaran Satpolairud Polres Purwakarta.

"Ini adalah kolaborasi pertama yang diikuti oleh komunitas mobil dari berbagai merek yang ada di Indonesia. Kegiatannya pun berupa pelestarian lingkungan hidup. Semoga ke depan kegiatan ini bisa berkesinambungan," ujar Om Dudu.

Untuk diketahui, ke-17 komunitas otomotif tersebut adalah Toyota Sienta Community Indonesia (TOSCA), Komunitas Toyota Calya Indonesia, Paguyuban Komunitas Mobil Karawang (PKMK), dan Indonesian Community (IC).

Kemudian White Car Community (WCC), Daihatsu Zebra Club (ZEC), CX30 Community, Pajero Owner Communit (POC), Hyundai Creta Community Indonesia (HCCI) dan Mazda 5 Nusantara (MASTARA).

Selanjutnya, Suzuki Splash Club Indonesia (SSCI), Suzuki XL7 Club Indonesia (SXLCI), Wuling Club Indonesia (WLCI), Indonesia Toyota Avanza Club (INTAC), Hyundai Stargazer Community (Gazerity), Mazda 2 Community (M2 Unity) dan Captiva Chevi Club (CCC).

Adapun kegiatan ini didukung oleh EcoNext Ventures, PT. JNE, GT. Radial, Garda Oto, TCD Asia Pacific, 3M Indonesia, PT. BIP, Biso Jaya Mandiri, Byzantium, Garasi Oto, Duta Auoto Solution dan Garuda Food.(add/ded)

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua