Daerah

Paskibra Jadi Ekstrakurikuler Unggulan SMPN 2 Jalancagak

SMPN 2 Jalancagak
SMPN 2 Jalancagak terus menunjukan prestasinya di bidang ekstrakurikuler unggulan Paskibra dalam mencetak generasi disiplin. (Zaenal Abidin/Pasundan Ekspres)

SUBANG-SMPN 2 Jalancagak terus menunjukan prestasinya di bidang ekstrakurikuler unggulan Paskibra dalam mencetak generasi disiplin. 

Paskibra SMPN 2 Jalancagak tidak hanya terkenal karena prestasi mereka di berbagai kompetisi, tetapi juga dikenal dari nama yang dimilikinya yaitu Bripassuga dan Srikandi.

Mantan pembina Paskibra SMPN 2 JalanCagak Riska Riskantri Nury menyampaikan, ekstrakurikuler paskibra saat ini menjadi unggulan yang telah lama bakit kembali setelah Covid-19. 

Dia mengatakan, setelah covid merintis dari awal kembali yang tadinya 13 orang anggota, hingga kini bertambah dan terus bertambah menjadi 60 anggota. 

"Maka yang tadinya hanya satu pasukan hingga kini menjadi empat pasukan yang menjadikan ekstrakurikuler unggulan, karena di setiap mata lomba alhamdulillah kita selalu membawa Piala dan itu tidak menutup kemungkinan karena latihan kita yang disiplin dapat membuahkan hasil," ungkapnya kepada Pasundan Ekspres. 

"Kami memberikan pelatihan yang intensif dan disiplin dengan materi tentang kedisiplinan, baris berbaris, variasi, formasi cara upacara yang baik, pengetahuan sejarah paskibra, pengibar pertama, sejarah bendera merah putih, materi arti lambang paskibra (bunga teratai), memahami PBB dasar, dan materi pengibaran bendera merah putih kepada siswa. Mereka juga belajar tentang pentingnya ketepatan waktu, kerja keras, dan tanggung jawab," lanjutnya.

Dalam beberapa tahun terakhir, Paskibra yang bernamaBripassuga dan Srikandi telah mengikuti lomba di Subang, Bandung, dan Sumedang, yang dilatih oleh Adi Wiguna sehingga berhasil meraih berbagai prestasi yang membanggakan di tingkat kecamatan, kabupaten, hingga provinsi.

"Keberhasilan itu terlihat dari berbagai penghargaan yang telah diraih, antara lain juara ke 1 lomba baris berbaris antar kecamatan jalancagak, LKBB Passmaneta (SMAN 1 Tanjungsiang) juara favorit, juara harapan bina 2 LKBB 30 back to basic, Juara bina 2 di GOR Saparua Bandung, juara sosial media tiktok ke 1 LKBB adinira reborn new season chapter 1 di Sman 1 Sumedang, juara Mula 2, variasi formasi ke 2, dan Kostum terbaik ke 2," ucapnya. 

Ia mengatakan, dari keberhasilan itu sendiri kita tidak lupa untuk latihan rutin yang di lakukan dalam seminggu 2 kali dan 1 bulan 8 kali latihan. 

Selanjutnya, Riska menegaskan langkah ke depan akan meningkatkan kualitas murid dengan memberikan wadah kepada murid untuk mengekpresikan dirinya sendiri, dengan mensupport apa yang dibutuhkan oleh murid, sehingga murid bisa menyalurkan keinginan, kesukaan dan impiannya dimasa depan, serta tidak luput juga dengan pelatih yang berkompeten di bidang ini.

"Dengan berbagai prestasi dan dampak positif yang telah dihasilkan, Paskibra BRBripassuga dan Srikandi.dapat terus menjadi contoh dan inspirasi bagi ekstrakurikuler lainnya," pungkasnya.(znl/ysp) 

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua