Daerah

Ekraf Libatkan Influencer Promosikan Produk UMKM

Ajeng Sartika Dewi
Influencer Ajeng Sartika Dewi menunjukkan kepeduliannya membantu UMKM dengan membuat video review gratis.(Adam Sumarto/Pasundan Ekspres)

PURWAKARTA-Komite Ekonomi Kreatif (Ekraf) kembali melakukan inovasi. Kali ini dalam upaya mendorong pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Purwakarta. Yakni, membangun kerja sama dengan influencer untuk membuat video review suatu produk UMKM secara gratis.

Projek perdananya, Ekraf menjalin kerja sama dengan Ajeng Sartika Dewi, influencer yang aktif di Instagram dengan 1.815 pengikut. Adapun projek kerja sama itu bernama "Ajeng Support UMKM, Review & Video Gratis".

Koordinator Ekraf Kecamatan Bungursari yang juga konseptor program tersebut, Antonius Immanuel Timmerman mengatakan, sebagai projek awal, program tersebut telah diselenggarakan pada 13-22 Agustus 2024 lalu.

"Alhamdulillah, agendanya sudah terlaksana. Ada sekitar 15 UMKM yang ikut dan beberapa di antaranya sudah menunjukkan dampak positif yang signifikan," kata Antonius kepada wartawan, Rabu (4/9).

Dijelaskannya, program ini dirancang untuk membantu UMKM mempromosikan produk mereka melalui platform digital, sehingga dapat menjangkau pasar yang lebih luas.

"Harapannya, program ini dapat menginspirasi lebih banyak influencer atau selebgram agar peduli terhadap UMKM lokal,” ujar Antonius.

Dengan adanya program ini, lanjut dia, para pelaku UMKM di Purwakarta memiliki kesempatan emas untuk memperkenalkan produk mereka kepada khalayak yang lebih luas.

"Kepedulian yang ditunjukkan influencer lokal seperti Ajeng Sartika Dewi diharapkan dapat menginspirasi influencer lainnya untuk memperkenalkan produk-produk UMKM Purwakarta lebih luas lagi," ucapnya.

Lebih lanjut, Antonius juga mengungkapkan akan ada agenda kolaborasi lainnya untuk memajukan UMKM Purwakarta. “Next event, kami mau bikin agenda lagi bertajuk Bikers Grebek UMKM, kolaborasi dengan Roda Dua Purwakarta dan Ekraf Purwakarta,” katanya.(add)

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua