Daerah

Pemdes Munjul Mulai Realisasikan Anggaran Infrastruktur

Pemdes Munjul
DADAN RAMDAN/PASUNDAN EKSPRES INFRASTRUKTUR: Warga Desa Munjul saat melihat kondisi jalan cor beton Kampung Ciater hingga ke lapangan bola, dalam tahap pengeringan, Kamis (24/4).

SUBANG-Pembangunan infrastruktur jalan pedesaan di Desa Munjul Kecamatan Pagaden Barat Kabupaten Subang kondisinya semakin baik. Sejumlah jalan penghubung antar kampung dan dusun telah terkoneksi satu sama lain. Itu membuat potret Desa Munjul semakin bagus.

Tahun ini pun, alokasi dana desa (DD) tahap 1 Tahun 2024 Pemdes Munjul merealisasikan anggaran untuk membangun jalan cor beton di sejumlah titik. Titik itu sudah menjadi rencana pembangunan tahun ini, yang ditetapkan tahun lalu serta tertuang di APBDes 2024.

Kepala Desa Munjul Unay menyampaikan, tahun ini pihaknya telah membangun jalan cor beton di Kampung Ciater sepanjang 140 meter. Kemudian, sambungan jalan yang sudah dibangun tahun lalu dari jalan utama Kampung Ciater arah Barat menuju ke Timur hingga pertigaan lapangan desa dan kantor Pemdes Munjul.

"Titik yang ini sudah rampung, dan masih dalam tahap pengeringan sekitar 14 hari, agar bisa dilintasi oleh roda 2 dan roda 4, dengan anggaran sebesar Rp 152 jutaan," kata Unay.

Sementara itu, titik yang lain yaitu jalan Cipalawad sedang dalam tahap pengerjaan dan perataan dasar jalan. Jalan Cipalawad ini menghubungkan Kampung Tanjungjaya ke Kampung Ciater Barat yang tembus ke Desa Margahayu.

Sebelumnya tahun lalu, jalan cor beton di Cipalawad ini sudah dibangun, hanya saja belum tuntas semua. Tahun ini Pemdes Munjul melanjutkan sambungan jalan cor beton itu yang anggarannya juga dari DD tahap 1 tahun 2024.

"Ya kita bertahap saja, sesuai kebutuhan dan kekuatan anggarannya. Sedikit dikit kita bangun satu persatu jalan kampung dan dusun ini, agar kondisinya semakin baik, tidak becer dan berlumpur saat musim hujan tiba," tambahnya.

Dengan kondisi jalan lingkungan penghubung antar kampung itu, semakin baik dan bagus. Otomatis menunjang kegiatan aktifitas ekonomi masyarakat. Apalagi saat musim panen ini, melancarkan distribusi angkutan hasil panen petani di Desa Munjul dan sekitarnya.

Musa warga Desa Munjul mengapresiasi Pemdes Munjul yang telah membangun jalan cor beton di hampir setiap kampung. Dengan itu sangat menunjang masyarakat Desa Munjul yang umumnya bertani. Angkutan hasil panen lancar tanpa hambatan.

"Kalau jalan bagus, kan semuanya jadi lancar manfaatnya pun dirasakan bersama," tukasnya.(dan/ysp)

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua