Gadget

Spacetop G1 Laptop Kacamata, yang Harganya Tak Semahal Punya Apple!

Spacetop G1
Spacetop G1 laptop kacamata terbaru yang tak semahal punya Apple. (screenshot @sightful.com)

PasundanEkspres - Laptop saat ini hadir dengan berbagai desain, termasuk layar transparan dan dapat dilipat. Namun, Sightful baru saja merilis perangkat dengan bentuk yang berbeda: kacamata.

Di bagian bawah, perangkat ini mirip dengan laptop biasa, dilengkapi dengan keyboard 79 tombol, touchpad multi-sentuh, dan dua port USB-C. Yang membedakannya adalah bagian atasnya yang bukan layar fisik, melainkan tempat terbuka untuk menyimpan kacamata AR.

Perangkat tersebut diberi nama Spacetop G1. Setelah hampir tiga tahun dikembangkan oleh insinyur veteran dari Apple, Microsoft, dan Magic Leap, laptop kacamata ini akhirnya berhasil melewati tahap pengujian.

Spacetop G1 memiliki layar OLED ganda dengan resolusi 1920 x 1080 dan kecepatan refresh 90Hz. Kacamata ini menciptakan ruang kerja virtual berukuran 100 inci, atau setidaknya terasa seperti itu.

Karena bidang pandangnya 50 derajat, pengguna tidak akan dapat melihat seluruh ruang kerja sekaligus, sehingga mereka perlu menggerakkan kepala untuk melihat bagian yang berbeda.

Sightful berpendapat bahwa ruang kerja yang "hampir tak terbatas" ini, dikombinasikan dengan sistem operasi ruang khusus yang disebut SpaceOS (dibangun di atas ChromeOS), dapat meningkatkan produktivitas dan kreativitas secara signifikan.

Perangkat lunak ini mengoptimalkan layar virtual untuk navigasi AR melalui gerakan khusus yang disesuaikan dengan kacamata. Kamu bisa melihatnya dalam video berikut:

Berbicara mengenai dapur pacu, Spacetop G1 memadukan chipset Snapdragon 8cx Gen 3 dengan GPU Adreno 740 dan NPU Hexagon yang menjanjikan performa AI hingga 48 TOPS. Selain itu, terdapat RAM LPDDR5 16GB dan penyimpanan UFS 3.1 128GB.

Daya tahan baterainya dinilai hingga 8 jam dengan sekali pengisian daya berkat baterai 60Wh dan dukungan pengisian cepat 63W. Bahkan ada webcam 5MP untuk panggilan video dengan resolusi hingga 2592 x 1944 piksel.

Lantas, bagaimana dengan harganya? Sightful menawarkan perangkat ini dengan harga USD 1.900 atau sekitar Rp 31 juta, jauh lebih murah dibandingkan Apple Vision Pro. Perangkat ini akan mulai dikirim pada September 2024.

Berita Terkait