Gadget

Lenovo Auto Twist, Laptop Canggih yang Bisa Buka Sendiri

Lenovo Auto Twist
Lenovo Auto Twist laptop yang bisa buka sendiri. (Foto: Dok. Lenovo)

PasundanEkspres - Ajang IFA 2024 dijadikan tempat oleh para vendor laptop untuk menampilkan produk-produk terbaru mereka, termasuk perangkat konsep. Salah satu yang mencuri perhatian adalah Lenovo, yang memamerkan laptop konsep bernama Auto Twist AI PC.

Secara tampilan, laptop ini terlihat seperti laptop pada umumnya. Namun, Lenovo Auto Twist AI PC memiliki keistimewaan yang tidak biasa, yaitu kemampuannya untuk membuka tutupnya secara otomatis hanya dengan menekan sebuah tombol atau melalui perintah suara.

Lenovo Auto Twist.
Lenovo Auto Twist.-Lenovo Auto Twist. (Foto: Dok. Lenovo)

Keunikan dari laptop ini tidak berhenti di situ. Lenovo Auto Twist AI PC dilengkapi dengan engsel bermotor yang dapat berputar hingga 360 derajat, memungkinkan layar laptop ini untuk berputar secara otomatis.

Lebih lanjut, Lenovo juga mengintegrasikan mekanisme putaran ini dengan pemindai pengenalan wajah. Hal ini memungkinkan Lenovo Auto Twist AI PC melacak gerakan pengguna, lalu memutar layarnya sesuai dengan posisi pengguna.

Berdasarkan laporan dari The Verge, Lenovo Auto Twist AI PC merespons perintah suara dalam waktu satu hingga dua detik. Meskipun demikian, motor pada engselnya dirancang agar bergerak lambat, sehingga membutuhkan waktu sekitar 10 detik untuk melakukan perubahan.

Lenovo Auto Twist
Lenovo Auto Twist-Lenovo Auto Twist. (Foto: Dok. Lenovo)

Lenovo juga menghadirkan empat perintah suara yang dapat digunakan pada laptop Auto Twist AI PC, yakni:

- Hi Twist, open lid: Laptop akan terbuka secara otomatis hingga sudut standar 90 derajat.

- Hi Twist, close lid: Laptop akan menutup secara otomatis.

- Hi Twist, tablet mode: Layar laptop akan terbuka dan kemudian berputar 180 derajat sehingga menghadap ke belakang dan membentang di atas keyboard, sehingga laptop berfungsi seperti tablet.

- Hi Twist, laptop mode: Perintah ini akan membawa laptop keluar dari mode tablet dan mengembalikannya ke mode laptop clamshell standar.

Mengenai spesifikasi, Lenovo belum mengungkap detailnya. Hal ini mungkin karena Lenovo Auto Twist AI PC masih merupakan perangkat konsep yang belum tentu dirilis di pasaran. Bagi yang penasaran, bisa melihat video demonstrasi produk tersebut.

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua