Gadget

Samsung Galaxy Ring dan Watch Ultra Resmi Diluncurkan, Kapan Masuk Indonesia?

Galaxy Ring
Galaxy Ring kini resmi diluncurkan. (screenshot @samsung.com)

PasundanEkspres - Samsung tidak hanya meluncurkan Galaxy Z Fold 6 dan Z Flip 6 di Paris, Prancis. Galaxy Ring dan Galaxy Watch Ultra juga diumumkan. Apakah akan masuk ke Indonesia?

"Penambahan terbaru pada portofolio perangkat wearable kami mengintegrasikan teknologi dan inovasi tercanggih Samsung, memungkinkan Anda mengendalikan kesehatan dan kebugaran dengan solusi perawatan kesehatan preventif," ujar TM Roh, President and Head of Mobile eXperience Business Samsung Electronics di perhelatan Galaxy Unpacked.

"Kecerdasan, panduan, dan wawasan yang ditawarkan pada Galaxy Ring, Galaxy Watch 7, dan Galaxy Watch Ultra akan membantu pengguna mengubah data menjadi wawasan yang bermakna dan menciptakan era baru dalam pengalaman kesehatan cerdas yang diperluas."

Galaxy Ring

Galaxy Ring pertama kali diumumkan pada Galaxy Unpacked Januari 2024. Kini Samsung resmi meluncurkannya secara global.

Cincin pintar ini didesain untuk pemantauan kesehatan sepanjang waktu. Oleh karena itu, beratnya dibuat ringan, berkisar antara 2,3 hingga 3,0 gram, guna memastikan kenyamanan saat digunakan dalam jangka waktu lama.

Desain cekung yang unik tidak hanya menambah gaya tetapi juga menjamin durabilitas. Dengan ketahanan air hingga 10ATM dan finishing dari Titanium Grade 5, Galaxy Ring dapat digunakan dalam berbagai situasi.

Samsung menyediakan sembilan ukuran, masing-masing tersedia dalam tiga varian warna, yaitu Titanium Black, Titanium Silver, dan Titanium Gold.

Baterai diklaim dapat bertahan hingga tujuh hari dan dilengkapi casing pengisian elegan dengan pencahayaan LED untuk memantau status pengisian.

Galaxy Ring juga menganalisis pola tidur, membantu pengguna memahami kebiasaan tidur mereka dan membangun rutinitas yang lebih baik. Selain itu, terdapat Sleep Score dan analisis mendengkur, metrik tidur baru seperti pergerakan saat tidur, latensi tidur, detak jantung, dan pernapasan yang memberikan analisis kualitas tidur yang mendetail dan akurat.

Galaxy Ring memiliki fitur Cycle Tracking yang dapat melacak siklus menstruasi dengan lebih akurat berkat pemantauan suhu kulit sepanjang malam. Cincin pintar ini juga dilengkapi Galaxy AI yang menghasilkan laporan kesehatan terperinci yang mencakup berbagai metrik kesehatan.

Salah satu fitur yang memanfaatkan Galaxy AI adalah Energy Score. Fitur ini mengevaluasi kondisi fisik dan mental berdasarkan empat faktor penting, yaitu tidur, aktivitas sehari, detak jantung saat tidur, dan variabilitas denyut jantung saat tidur.

Galaxy Ring dilengkapi dengan fitur Heart Rate Alert yang memberikan pemberitahuan instan tentang detak jantung yang sangat tinggi atau rendah secara real-time melalui aplikasi Samsung Health. Pengguna juga dapat melihat detail tambahan seperti detak per menit, waktu mulai, dan durasi dengan fitur Live Heart Rate Check.

Galaxy Ring juga melakukan pelacakan berjalan dan berlari otomatis melalui Auto Workout Detection, serta pengingat kebugaran harian dengan Inactive Alert.

Selain itu, pengguna dapat dengan mudah mengambil foto atau mematikan alarm di ponsel Galaxy menggunakan gerakan mencubit ganda melalui fitur Gestures. Pengguna juga dapat melacak lokasi cincin ini menggunakan ponsel Galaxy dengan fitur Find My Ring di Samsung Find.

Galaxy Watch Ultra

Galaxy Watch Ultra dibangun untuk daya tahan ekstrem berkat rangka Titanium Grade 4 dan ketahanan air 10ATM. Selain itu, Galaxy Watch Ultra dapat berfungsi pada berbagai ketinggian, mulai dari 500 meter di bawah permukaan laut hingga 9.000 meter di atasnya, memungkinkan pelacakan aktivitas kebugaran tingkat lanjut seperti berenang di laut hingga bersepeda di lingkungan ekstrem.

Jam pintar ini dapat melacak latihan multi-olahraga untuk triatlon mulai dari berenang, bersepeda, hingga lari dengan Multi Sports Tile. Selain itu, Functional Threshold Power (FTP) baru untuk bersepeda dapat mengukur daya maksimum bersepeda secara akurat hanya dalam 4 menit dengan metrik FTP yang didukung AI, membuka potensi penuh berdasarkan indikator unik bagi pengguna.

 

Galaxy Watch Ultra juga memiliki fitur Personalized HR Zone yang memungkinkan pengguna berolahraga pada tingkat intensitas optimal sesuai dengan kemampuan fisik mereka. Selain itu, perangkat ini dilengkapi dengan Quick Button yang memungkinkan pengguna untuk segera memulai dan mengontrol latihan serta mengatur fungsi lainnya sesuai kebutuhan.

Pengguna dapat mengaktifkan Emergency Siren untuk keamanan. Setelah latihan, pengguna dapat melihat statistik dengan tampilan jam khusus pada Galaxy Watch Ultra, yang secara otomatis beralih ke Night Mode untuk memastikan keterbacaan yang optimal dalam gelap.

Galaxy Watch Ultra memiliki layar 1,5 inci Super AMOLED 480x480 piksel dan terlindung Sapphire Crystal. Dengan kecerahan puncak 3.000 nits, Galaxy Watch Ultra memastikan keterbacaan bahkan di bawah terik Matahari.

Smartwatch ini memiliki daya tahan baterai paling lama di jajaran Galaxy Watch. Menawarkan Power Saving hingga 100 jam dan 48 jam dalam Exercise Power Saving.

Galaxy Watch Ultra didukung oleh Exynos W1000 dan menjadi smartwatch Android pertama yang menggunakan Wear OS 5. Jam pintar ini akan tersedia dalam ukuran 47mm dengan pilihan warna Titanium Grey, Titanium White, dan Titanium Silver.

Ketersediaan di Indonesia

Galaxy Ring dan Galaxy Watch Ultra bisa dipesan mulai 10 Juli 2024 di beberapa negara. Sayangnya, Indonesia belum termasuk kali ini.

"Kami masih me-review Galaxy Watch Ultra dan Galaxy Ring masuk Indonesia. Tunggu saja update di akun media sosial Samsung Indonesia," ungkap Annisa Maulina, MX Product Marketing Senior Manager Samsung Electronics Indonesia.

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua